Pluralisme Menurut Para Ahli dan Contoh Sikapnya

Ilustrasi pluralisme dalam keberagaman ras (Foto: canva)

CELEBESMEDIA.ID : Makassar - Pluralitas adalah keberagaman atau kemajemukan dalam suatu bangsa yang mendorong tumbuhnya persatuan dan kesatuan. Keberagaman di Indonesia sendiri meliputi suku bangsa, agama, ras, etnik, bahasa, adat dan budaya.

Dengan adanya keberagaman ini, maka muncullah paham pluralisme. Pluralisme adalah sebuah pemahaman untuk menghargai adanya perbedaan di tengah kehidupan masyarakat sekaligus mengizinkan suatu kelompok berbeda untuk menjaga budaya sebagai bentuk ciri khas mereka.


Pengertian Pluralisme Menurut Para Ahli

Berikut beberapa ahli yang menyumbangkan pandangannya terkait pengertian pluralisme.

- Menurut Mohammad  Shofan, Pluralisme adalah upaya untuk membangun kesadaran normatif teologis dan kesadaran sosial.

- Menurut Syamsul Maa’rif, pluralisme merupakan suatu sikap saling memahami, dan menghormati adanya perbedaan demi tercapainya kerukunan antar umat beragama.

- Menurut Koentjaraningrat, pluralisme kebudayaan adalah dua macam tradisi kebudayaan atau lebih yang membagi masyarakat kedalam golongan sosial yang berbeda-beda.


Pluralisme di Indonesia terdiri dari Pluralisme agama, pluralisme suku bangsa, pluralisme budaya, pluralisme media dan pluralisme pendidikan.

Akibat secara langsung dan tidak langsung dari adanya pluralisme akan memberi manfaat yaitu memunculkan sikap saling menghargai dan toleransi dimana-mana.

Ciri-ciri sikap yang mencerminkan pluralisme antara lain sebagai berikut:

- Hidup dalam Perbedaan (Sikap Toleransi/Tasamuh)

- Saling Menghargai dengan mendudukkan semua manusia dalam relasi kesetaraan, tidak ada yang lebih tinggi atau pun lebih rendah.

- Rasa saling percaya adalah salah satu unsur terpenting dalam menjalani hubungan antar sesama manusia dalam suatu kultural atau pun masyarakat.

- Inter-dependen (sikap saling membutuhkan/saling ketergantungan) sebagai makhluk sosial.


Contoh dari sikap pluaralitas

Contoh dari penerapan sikap pluralitas dalam dilakukan seperti hal berikut ini.

- Empat rumah ibadah yg dibangun berdampingan di Dukuh Kalipuru, Kendal, Jawa Tengah menjadi contoh kecil pluralitas masyarakat Indonesia yg begitu tinggi.

- Masyarakat bali yang mayoritas beragama Hindu dapat hidup berdampingan dengan masyarakat pendatang yang hidup di Bali yang notabene beragama di luar Hindu.

- Membantu orang lain saat mengalami kecelakaan maupu menjadi korban bencana alam.

- Ikut mengamankan rumah ibadah agama lain ketika sedang merayakan Hari Besar Keagamaannya