6 Kandungan Nutrisi Beserta Manfaat Buah Duku dalam Mengatasi Berbagai Penyakit

Manfaat Buah Duku dalam Mengatasi Berbagai Penyakit (foto: halodoc.com)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Buah duku tidak hanya memikat lidah dengan rasanya yang khas, tetapi juga menawarkan beragam manfaat kesehatan yang signifikan.

Nutrisi yang terkandung di dalamnya dapat membantu dalam penyembuhan luka, mengatasi infeksi, serta memperlambat proses penuaan.

Kaya akan nutrisi, buah duku mengandung kalium dalam jumlah yang lebih besar daripada pisang ambon.

Kalium ini bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang, gigi, dan mendukung fungsi jantung.

Manfaat Buah Duku untuk Kesehatan

1. Memperlambat Proses Penuaan Kulit

Ekstrak daging dan kulit buah duku mengandung zat anti-aging yang membantu menjaga elastisitas kulit dan mencegah tanda-tanda penuaan.

2. Menyembuhkan Luka

Kandungan senyawa fenolik di buah duku mendukung proses penyembuhan luka dengan mencegah infeksi dan peradangan.

3. Mengontrol Diabetes Tipe 2

Kandungan dalam kulit buah duku dapat menghambat enzim yang memecah karbohidrat menjadi gula, membantu mengatur kadar gula darah.

4. Mengatasi Infeksi Bakteri

Ekstrak biji buah duku telah terbukti mampu mencegah infeksi bakteri seperti Staphylococcus aureus dan Escherichia coli.

5. Mengobati Malaria

Tradisionalnya, air rebusan biji buah duku digunakan untuk mengobati malaria karena diyakini mampu mengganggu siklus hidup parasit penyebabnya.

6. Mencegah Kanker

Kandungan antioksidan dalam kulit dan biji buah duku dapat mencegah kerusakan sel dan mengontrol pertumbuhan sel yang tidak normal.

Meskipun manfaat buah duku telah diungkapkan dalam penelitian, diperlukan penelitian lebih lanjut untuk memastikan efektivitasnya dalam mengatasi berbagai penyakit.***