Macam-macam Jaringan Tumbuhan dan Fungsinya

Macam-macam Jaringan Tumbuhan dan Fungsinya

CELEBESMEDIA.ID : Makassar - Jaringan adalah sekelompok sel yang memiliki struktur dan fungsi yang sama dan terikat oleh bahan antar sel untuk membentuk satu kesatuan. 

Fungsi jaringan pada tumbuhan antara lain:

- Melindungi dan memperkuat bagian tubuh tumbuhan

- Membantu proses tumbuh dan berkembangnya tumbuhan

- Membantu mengedarkan zat-zat yang terdapat pada tumbuhan ke seluruh tubuhnya

- Membantu menyimpan cadangan makanan pada tumbuhan

- Mendukung segala aktivitas pada tumbuhan

Untuk memahami lebih jauh, simak penjelasan tentang jenis-jenis jaringan pada tumbuhan berikut:

1. Jaringan Meristematik 

Pembentukan awal tanaman dimulai dengan jaringan meristem. Jaringan Meristem adalah jaringan yang aktif membelah. Salah satu ciri-ciri jaringan meristem yaitu sel-selnya mampu membelah diri dengan cara mitosis secara terus menerus untuk menambah jumlah sel-sel tubuh pada tumbuhan. Jaringan meristem biasanya terdapat di ujung akar yang biasanya di sebut meristem apikal.


2. Jaringan Epidermis 

Jaringan epidermis adalah jaringan yang berfungsi untuk melindungi lapisan di dalamnya sehingga tidak bersentuhan langsung dengan pengaruh keadaan di luar organ. Sel-sel epidermis biasanya berbentuk segi empat apabila dilihat dari samping, berjajar homogen. Namun, epidermis dapat mengalami perubahan menjadi sel-sel penutup atau sel penjaga stomata beserta beberapa sel tetangga, trikoma (rambut daun/batang), duri, serta rambut kelenjar.


3. Jaringan Pengangkut 

Jaringan Pengangkut (Vaskular) adalah jaringan yang berfungsi mengangkut transpotrtasi air dan mineral maupun hasil Fotosintesis. Jaringan pengangkut yang dimiliki oleh tumbuhan terdiri dari jaringan xilem (pembuluh kayu) dan floem (pembuluh tapis). Jaringan xilem berfungsi untuk mengangkut air dan garam mineral, sedangkan jaringan floem berfungsi untuk mengangkut hasil fotosintesis.


4. Jaringan Dasar/Parenkim 

Jaringan Parenkim adalah jaringan dasar menyusun sebagian besar tubuh tumbuhan. Kelompok jaringan ini memiliki banyak fungsi tergantung tempat jaringan ini berada. Sel-sel parenkim ditemukan pada akar dan batang terutama sebagai pengisi bagian korteks batang, daun, bunga, buah, dan biji. Seringkali jaringan ini mengisi bagian terbesar dari suatu organ, menyusun daging buah, kulit batang, isi umbi atau rimpang yang menyimpan pati atau metabolit sekunder tertentu.


5. Jaringan Kolenkim 

Jaringan kolenkim adalah jaringan yang berfungsi sebagai jaringan penguat atau penyokong pada organ tumbuhan yang masih aktif mengadakan pertumbuhan dan perkembangan. Seperti menyokong dan menguatkan batang, daun dan bunga, serta ibu tulang daun pada tumbuhan muda yang sedang dalam masa pertumbuhan dan juga pada tumbuhan herba.


6. Jaringan Sklerenkim 

Jaringan sklerenkim adalah jaringan penguat atau jaringan penyokong dengan dinding sekunder yang tebal karena mengandung zat lignin. Jaringan sklerenkim ini hanya dijumpai pada organ tumbuhan yang tidak lagi mengadakan pertumbuhan dan perkembangan. Ciri-ciri jaingan sklerenkim yaitu tersusun atas sel-sel mati dan tidak mengandung protoplas. Mengandung senyawa lignin, sehingga sel-selnya kuat dan keras.