Fungsi Dari Stratifikasi Sosial Bagi Masyarakat

Fungsi Dari Stratifikasi Sosial (Foto: canva)

CELEBESMEDIA.ID: Makassar - Menurut KBBI, kata “Strata” berarti ada kedudukan lebih tinggi dan lebih rendah dalam kehidupan masyarakat. Sedangkan kata “Stratifikasi” merupakan pembedaan masyarakat ke dalam kelas-kelas secara bertingkat berdasarkan kekuasaan, hak-hak istimewa, dan prestise. 

Kalau dari KBBI pengertian strata sosial hampir sama dengan stratifikasi. Coba sekarang kita lihat pengertian stratifikasi sosial menurut para ahli ya.

Menurut seorang seorang ahli politik, ekonom, geograf, dan juga sosiolog asal Jerman Max Weber. Stratifikasi sosial adalah sebagai kelompok yang anggotanya mempunyai gaya hidup tertentu dan tingkat penghargaan dan kehormatan sosial tertentu.

Sedangkan dilansir dari buku Sosiologi 2 untuk SMA dan MA kelas XI, menurut Astrid S. Susanto, stratifikasi sosial adalah hasil kebiasaan hubungan antar manusia secara teratur dan tersusun sehingga setiap orang memiliki situasi yang menentukan hubungannya dengan orang baik secara vertikal maupun horizontal. 

Berdasarkan beberapa pengertian di atas dapat disimpulkan bahwa stratifikasi sosial merupakan lapisan-lapisan yang ada di masyarakat yang terbentuk berdasarkan tingkat status dalam masyarakat.


Fungsi Stratifikasi Sosial

1. Sebagai sarana pendistribusian hak dan kewajiban terhadap setiap lapisan atau strata. Setiap orang memiliki hak istimewa berupa wewenang, penghasilan dan tingkat kekayaan. Untuk itu, stratifikasi sosial berfungsi agar hak dapat didistribusikan dengan baik.

2. Menempatkan individu atau seseorang pada strata tertentu. 

3. Sebagai bentuk pemersatu atau pola untuk mengkoordinasikan bagian-bagian yang ada dalam struktur sosial guna mencapai tujuan yang telah disepakati. 

4. Dapat memecahkan persoalan-persoalan dalam masyarakat sesuai perannya masing-masing.

5. Mendorong masyarakat untuk bergerak sesuai dengan fungsinya. Kalau sudah bergerak sesuai peran akan tercipta lingkungan masyarakat yang baik.