Kunafa: Kudapan Spesial Arab Saudi untuk Berbuka Puasa

Kunafa, Sajian khas arab (Foto: canva)

CELEBESMEDIA.ID: Makassar - Setiap tahun di bulan suci Ramadhan, masyarakat Muslim di seluruh dunia mengalami kegembiraan dan persiapan khusus. Salah satu aspek yang paling menarik dari Ramadhan adalah berbuka puasa.

Di seluruh dunia, makanan-makanan khusus disiapkan untuk berbuka puasa, dan negara Arab Saudi tidak terkecuali. Negara ini memiliki kudapan khas yang disajikan untuk berbuka puasa, dan nama kudapan itu adalah Kunafa.

Kunafa memiliki keunikan tersendiri yang membedakannya dari kudapan-kudapan lainnya. Kunafa dapat disajikan dalam kondisi hangat maupun dingin.

Bahan-bahan untuk membuat Kunafa juga tergolong sederhana, utamanya adalah adonan tepung yang sudah difermentasi.

Knafeh atau Kunafa adalah hidangan pencuci mulut utama di kalangan orang Arab selama bulan Ramadhan. Nama Kunafa sendiri berasal dari kata kerja bahasa Arab “ka-na-fa” yang berarti rahmat. Kunafa adalah kue keju yang direndam dengan sirup yang terbuat dari bihun atau semolina.

Untuk membuat Kunafa, Anda hanya perlu menambahkan tiga cangkir susu dalam sebuah mangkuk, lalu panaskan wajan dengan api sedang. Kemudian tambahkan tiga sendok makan tepung terigu dan tiga sendok tepung jagung.

Setelah adonan tercampur rata, segera tambahkan empat sendok teh gula. Lalu aduk lagi sembari memasukkan 1,5 bungkus bubuk keju. Campur semua bahan hingga benar-benar rata, dan pastikan tidak ada gumpalan keju.

Adonan Kunafa siap dibentuk. Selanjutnya, potong Kunafa menggunakan pisau atau gunting. Atau masukkan Kunafa ke dalam food processor hingga bentuknya menjadi lebih kecil. Tambahkan 250 gram mentega tawar dan buat mentega ke dalam Kunafa.

Setelah itu, tempatkan setengah dari Kunafa di wajan, dan tambahkan isinya. Rendam tangan Anda dalam air dingin dan tepuk-tepuk isinya dengan merata.

Lalu tempatkan Kunafa yang tersisa di atas isian. Kunafa harus terus ditepuk untuk mengamankan isinya. Panggang Kunafa dengan suhu lebih dari 180 derajat selama sekitar 30 hingga 45 menit atau sampai warnanya menjadi keemasan.

Setelah matang, tuangkan sirup gula dingin secara merata di atas Kunafa yang masih panas. Biarkan dingin hingga suhu kamar, kemudian pindahkan ke piring saji. Jika menggunakan kismis dan kenari, taburkan di lapisan atas Kunafa dengan kayu manis dan gula.