Mari Belajar Tentang Bioteknologi dan Manfaatnya

Mari Belajar Tentang Bioteknologi dan Manfaatnya (Foto: freepik)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar -  Bioteknologi adalah cabang ilmu yang mempelajari pemanfaatan makhluk hidup (bakteri, fungi, virus, dan lain-lain) maupun produk dari makhluk hidup (enzim, alkohol, antibiotik, asam organik) dalam proses produksi untuk menciptakan barang dan jasa yang dapat digunakan oleh manusia.


Bioteknologi dapat dibagi menjadi dua jenis, yaitu bioteknologi tradisional dan bioteknologi modern.

    Bioteknologi tradisional adalah bioteknologi yang telah diterapkan sejak zaman dahulu, seperti pembuatan tempe, tape, dan kecap.

      Bioteknologi modern adalah bioteknologi yang menggunakan teknik-teknik modern, seperti rekayasa genetika.

      Pemanfaatan Bioteknologi

      Bioteknologi memiliki banyak manfaat bagi kehidupan manusia, antara lain:

      1. Peningkatan produksi pangan

      Bioteknologi dapat digunakan untuk meningkatkan produksi pangan, seperti dengan cara menghasilkan varietas tanaman yang tahan hama dan penyakit, menghasilkan varietas tanaman yang memiliki produktivitas tinggi, dan menghasilkan varietas tanaman yang memiliki nilai gizi tinggi

      2. Peningkatan kualitas pangan

      Bioteknologi dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas pangan, seperti dengan cara memperpanjang umur simpan pangan, meningkatkan cita rasa pangan, dan menghilangkan zat-zat yang berbahaya bagi kesehatan dalam pangan.

      3. Pembuatan obat-obatan

      Bioteknologi dapat digunakan untuk membuat obat-obatan, seperti dengan cara menghasilkan antibiotik, vaksin, dan hormon.

      4. Pemanfaatan energi

      Bioteknologi dapat digunakan untuk memanfaatkan energi, seperti dengan cara menghasilkan bioetanol, biogas, dan biodiesel.

      5. Pelestarian lingkungan

      Bioteknologi dapat digunakan untuk melestarikan lingkungan, seperti dengan cara membersihkan limbah, memulihkan lahan yang rusak, dan mengendalikan hama dan penyakit.

      Perkembangan Bioteknologi

      Bioteknologi terus berkembang seiring dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi.

      Perkembangan bioteknologi ini membawa banyak manfaat bagi kehidupan manusia, tetapi juga menimbulkan beberapa permasalahan, seperti potensi munculnya organisme transgenik yang berbahaya bagi lingkungan dan kesehatan manusia.

      Oleh karena itu, penting untuk melakukan penelitian dan pengembangan bioteknologi secara bertanggung jawab untuk memastikan bahwa bioteknologi bermanfaat bagi kehidupan manusia dan tidak menimbulkan dampak negatif.***