Pantai Ujung Tiro, Wisata Bahari Eksotis di Ujung Bulukumba

Pantai Ujung Tiro, Wisata Bahari Eksotis di Ujung Bulukumba. (Foto: bulukumbakab.go.id)

CELEBESMEDIA.ID : Makassar - Pantai Ujung Tiro, Kabupaten Bulukumba bisa menjadi objek wisata alternatif di Sulawesi Selatan. Pantai Ujung Tiro masih satu kawasan dengan Pantai Samboang yang terkenal keindahannya. Pantai yang terletak di Kelurahan Ekatiro, Kecamatan Bontotiro ini sesuai namanya, berada di bagian paling ujung dan di antara semak belukar. 

Pantai Ujung Tiro memiliki banyak kesamaan dengan Tanah Lot di Bali. Objek wisata yang terletak di Desa Eka Tiro ini menyuguhkan panorama bahari dengan air yang jernih serta tebing batu di sekitarnya. Pemandangan batu-batu inilah yang menambah semarak Pantai Ujung Tiro. 

Anda juga akan diarahkan menuruni bibir pantai dan menyeberang ke bebatuan. Dari jembatan kayu yang tua namun tetap kokoh, Anda dapat dengan mudah melihat dasar lautan yang jernih. Karena kejernihan air dan keindahan terumbu karangnya, tidak sedikit yang datang ke tempat ini khusus untuk snorkeling.

Foto: Google Maps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Harga tiket masuk Pantai Ujung Tiro sebetulnya masih belum ada keputusan resmi. Namun terdapat biaya kebersihan, dan parkir, saat berkunjung ke objek wisata tersebut.

Rute Perjalanan Menuju Pantai Ujung Tiro

Untuk mencapai pantai Ujung Tiro dari Kota Bulukumba, Anda bisa mengambil jalur poros menuju Pantai Tanjung Bira. Setelah tiba di pertigaan antara Desa Ara dan Desa Bira, selanjutnya mengambil jalur menuju Desa Ara. Selanjutnya, Anda akan menemukan Gerbang Pantai Samboang yang terletak di pinggir jalan raya. 

Jika sudah tiba di gerbang Pantai Samboang selanjutnya belok kanan sampai mentok pada pertigaan, lalu belok kiri sampai mendapat papan petunjuk arah yang bertuliskan Pantai Ujung Tiro, belok kanan lagi. Di ujung jalan akan ada rumah yang di sampingnya ada lahan parkir, di situlah tempat memarkir kendaraan.