Tumbuhan Paku (foto: Shutterstock)

CELEBESMEDIA.ID: Makassar - Tumbuhan paku adalah tumbuhan pembuluh sejati yang hanya memiliki kormus yaitu akar, batang, dan daun. Alat perkembangbiakan tumbuhan paku adalah spora karena belum menghasilkan biji. Berbeda dengan jenis tumbuhan lainnya, tumbuhan paku mempunyai siklus hidup yang unik.


Siklus Hidup Tumbuhan Paku 

Secara metagenesis, siklus hidup dari tumbuhan paku terjadi dalam 2 fase, yaitu gametofit dan sporofit. Pada fase gametofit perkembangbiakan tumbuhan paku akan menghasilkan spora

Fase Gametofit

Gametofit adalah fase seksual dalam siklus hidup tumbuhan paku. Tahapan generasi gametofit berawal dari protalium. Spora yang jatuh di tempat lembab akan berkembang menjadi protalium dengan bentuk seperti talus. Protalium kemudian akan menghasilkan sel gamet jantan (spermatozoid) dan betina (ovum). Pembuahan akan terjadi dan hasilnya adalah sebuah zigot diploid yang akan berkembang menjadi tumbuhan paku

Fase Sporofit

Fase ini merupakan saat dimana tanaman paku akan berkembang biak secara aseksual. Zigot tersebut akan tumbuh menjadi tumbuhan paku yang menghasilkan spora yang memiliki kotak spora (sporangium) yang terletak di permukaan bawah daun. Tumbuhan paku yang memiliki spora di bawah permukaan daunnya disebut sporofil. Fase ini akan berlangsung lebih panjang dari pada fase gametofit.


Berikut, penjelasan lengkap dan urut dari siklus hidup paku. 

1. Meiosis 

Meiosis adalah tahapan dimana sel membelah untuk menghasilkan sel gamet yang mengandung setengah jumlah kromosom sel induk. Pada tanaman paku, mereka akan menghasilkan spora yang nantinya disimpan dalam kotak spora. 

2. Spora 

Spora adalah alat reproduksi yang ukurannya kecil dan dikeluarkan oleh sporangium. Spora yang mendarat di tempat lembab akan berkembang menjadi protalium.

4. Gametofit Muda (Protalium) 

Gametofit muda atau protalium tumbuh untuk menghasilkan organ kelamin betina (arkegonium) dan jantan (anteridium). Kematangan organ kelamin betina dan jantan ini berbeda-beda sehingga menghasilkan pembuahan silang dan variasi genetik. Protalium kemudian akan menghasilkan sel gamet jantan (spermatozoid) dan betina (ovum)

5. Pembuahan 

Pembuahan terjadi ketika sel telur dan sperma tumbuhan paku bertemu dan bergabung membentuk zigot, agar bisa menghasilkan tumbuhan pakis yang baru.

6. Sporofit Muda 

Zigot yang sudah dihasilkan dari pembuahan sel telur dan sperma akan berkembang menjadi tanaman pakis muda. 

7. Sporofit Dewasa 

Sporofit yang telah dewasa akan menghasilkan sporangium atau kotak spora untuk menghasilkan spora.