Apa Itu NFC dan Cara Kerja dan Daftar Ponsel yang Memilikinya

NFC dan Cara Kerja dan Daftar Ponsel yang Memilikinya (foto: freepik.com)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - NFC adalah singkatan dari Near Field Communication, sebuah metode transfer data nirkabel yang memungkinkan teknologi dalam jarak dekat untuk berkomunikasi tanpa memerlukan koneksi internet.

NFC menawarkan solusi transfer data yang cepat dan mudah.

NFC merupakan teknologi konektivitas nirkabel jarak pendek yang memungkinkan perangkat berkemampuan NFC untuk berkomunikasi satu sama lain.

NFC sering digunakan untuk melakukan pembayaran tanpa kontak (cashless).

Saat ini, ratusan juta kartu dan pembaca nirsentuh di seluruh dunia menggunakan teknologi NFC dalam berbagai aplikasi.

Fungsi NFC:

  • Mempermudah transaksi cashless
  • Menghubungkan perangkat dengan WiFi dan speaker nirkabel
  • Mengirim dokumen dan aplikasi ke perangkat lain
  • Mengisi daya ponsel secara nirkabel

Cara Kerja NFC:

NFC bekerja dengan mengirimkan informasi melalui gelombang radio. Perangkat harus mematuhi spesifikasi tertentu agar dapat berkomunikasi dengan benar.

Teknologi NFC didasarkan pada prinsip RFID (Radio-frequency Identification), yang menggunakan induksi elektromagnetik untuk mengirimkan informasi.

NFC sudah digunakan pada kartu kredit atau debit saat ini.

Chip NFC beroperasi sebagai bagian dari tautan nirkabel dan, setelah diaktifkan oleh chip lain, memungkinkan transfer sejumlah kecil data ketika perangkat berada beberapa sentimeter dari satu sama lain.

Tidak diperlukan kode pasangan untuk menghubungkan perangkat, dan karena menggunakan chip dengan daya yang sangat rendah, NFC lebih hemat energi dibandingkan jenis komunikasi nirkabel lainnya.

Chip NFC dalam kartu kredit untuk pembayaran tanpa kontak bukanlah hal baru, namun NFC yang diterapkan pada perangkat mobile adalah terobosan terbaru dalam teknologi saat ini.

Hampir setiap pembuat OS seluler memiliki aplikasi yang menawarkan fungsionalitas NFC yang unik.***