Cara Perkembangbiakan Tumbuhan Secara Seksual

Cara Perkembangbiakan Tumbuhan Secara Seksual

CELEBESMEDIA.ID: Makassar - Tumbuhan berkembangbiak melalui 2 cara yaitu secara seksual dan aseksual. Cara perkembangbiakan tumbuhan secara seksual atau juga disebut perkembangbiakan generatif dilakukan melalui perkawinan antara jantan dan betina atau pembuahan. Perkembangbiakan tumbuhan secara seksual umumnya terjadi pada tumbuhan berbiji (Spermatophyta), baik yang berbiji tertutup (Angiospermae) maupun berbiji terbuka (Gymnospermae).

Alat reproduksi pada perkembangbiakan generatif adalah bunga. Bunga pada tumbuhan berfungsi sebagai alat pembentukan sel-sel kelamin, baik kelamin jantan (benang sari) maupun kelamin betina (putik). Kedua sel kelamin tersebut akan menyatu untuk membentuk biji.


Cara Perkembangbiakan Tumbuhan secara Seksual

Perkembangbiakan tumbuhan secara seksual dibagi menjadi dua, yaitu pada tumbuhan tingkat rendah dan tumbuhan tingkat tinggi. Tumbuhan tingkat rendah melakukan perkembangbiakan dengan cara konjugasi, isogami, anisogami, dan metagenesis. Sedangkan tumbuhan tingkat tinggi menggunakan alat kelamin berupa putik dan benangsari.


1. Perkembangbiakan Seksual Tumbuhan Tingkat Rendah

- Konjugasi merupakan perkembangbiakan secara kawin pada makhluk hidup yang belum jelas jenis kelaminnya. Contohnya adalah Spirogyra.

- Isogami merupakan perkembangbiakan seksual pada tumbuhan dimana sel kelamin jantan dan betina memiliki bentuk dan ukuran yang sama. Contohnya adalah ganggang Ulotrich. 

- Anisogami merupakan kebalikan dari isogami yaitu sel kelamin jantan dan betina melebur dengan ukuran dan bentuk yang berbeda. Contohnya Oedogonium.

- Metagenesis merupakan pergiliran keturunan. Pada perkembangbiakan jenis ini, ada generasi yang menghasilkan alat kelamin dan generasi berikutnya akan menghasilkan spora.


2. Perkembangbiakan Seksual Tumbuhan Tingkat Tinggi

Perkembangbiakan seksual tumbuhan tingkat tinggi dimulai dengan penyerbukan. Penyerbukan adalah proses jatuhnya serbuk sari atau menempel pada kepala putik tanaman. 

Perkembangbiakan seksual tumbuhan tingkat tinggi biasanya terjadi pada tumbuhan berbiji. Butir-butir serbuk sari akan masuk ke bakal biji hingga terjadi proses pembuahan. Pembuahan adalah proses meleburnya sel jantan atau serbuk sari dengan sel betina atau kepala putik. Setelah selesai proses penyerbukan maka akan menghasilkan bakal buah.

Penyerbukan dapat terjadi melalui perantara maupun tanpa perantara. Penyerbukan karena adanya perantara dibantu oleh hewan, angin, air, atau manusia.

- Hewan yang dapat membantu penyerbukan, seperti kupu-kupu, kelelawar, burung, lebah, dan kumbang. Contoh tumbuhan yang diserbuki oleh hewan antara lain bunga melati, mawar, durian, dan kembang sepatu.

- Angin juga dapat membantu proses penyerbukan dengan tiupan angin yang membuat serbuk sari mengenai kepala putik. Tumbuhan yang proses penyerbukannya dapat dibantu oleh angin adalah jagung, gandum, dan padi.

- Air juga dapat membantu dalam proses penyerbukan tumbuhan. Dalam hal ini, yang dapat dibantu oleh air adalah tumbuhan yang berada di dalam air seperti ganggang maupun hydrilla.

- Manusia juga dapat menjadi perantara penyerbukan tumbuhan seperti pohon salak dan vanili.

Selain itu, ada beberapa cara dalam proses penyerbukannya. Berikut adalah cara dalam penyerbukan perkembangbiakan generatif pada tumbuhan.

a. Penyerbukan Sendiri, terjadi hanya jika serbuk sari dan kepala putik berada pada satu tanaman atau bunga yang sama.

b. Penyerbukan Tetangga, terjadi jika serbuk sari dan kepala sari berasal dari pohon yang sama. Serbuk sari terbang ke ke kepala putik di bunga yang lain.

c. Penyerbukan silang, terjadi ketika serbuk sari dan kepala sari berasal dari bunga dan tanaman lain. Tetapi pohon atau pohon itu selalu dalam jenis yang sama. Dengan adanya penyerbukan ini dapat membuat karakteristik yang lebih kuat dari yang sebelumnya.

d. Penyerbukan Bastar atau hibridisasi,  terjadi ketika serbuk sari dan kepala sari berasal dari bunga lain, serta tanaman lain dengan spesies tanaman yang berbeda.