Arti Nolep yang Viral di TikTok, Gambaran Anak Muda yang Tidak Bergairah

Ilustrasi Nolep di Tik Tok (Foto: canva)

CELEBESMEDIA.ID: Makassar - Sosial media, termasuk TikTok, seringkali menjadi tempat viralnya berbagai istilah atau kata dalam bahasa Gaul. Salah satu istilah yang sedang viral di TikTok adalah "nolep". Nolep sebenarnya merupakan sebuah plesetan kata dari bahasa Inggris, yaitu "no life". Jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, arti dari nolep adalah 'tidak hidup' atau 'tidak memiliki kehidupan'.

Penggunaan istilah nolep biasanya digunakan dalam situasi bercanda, untuk menggambarkan sebuah kehidupan seseorang yang tidak bergairah atau tidak memiliki semangat.

Istilah nolep ini sering digunakan untuk mendeskripsikan seseorang yang tidak ingin melakukan apapun dalam hidupnya, bahkan diartikan dalam hal yang lebih serius sebagai seseorang yang tidak memikirkan masa depan.

Ciri-ciri perilaku nolep juga dapat dikenali dari beberapa tanda-tanda yang muncul dalam keseharian. Orang yang dianggap nolep cenderung tidak mementingkan masa depan, mereka sulit mengatur emosi dan seringkali mudah marah serta depresi.

Selain itu, mereka juga cenderung memiliki kepribadian yang labil atau tidak teguh pada pendiriannya.

Pengguna istilah nolep juga seringkali suka begadang untuk melakukan hal-hal yang disukai seperti bermain game, menonton maraton anime, dan sejenisnya, bahkan jika hal-hal tersebut sebenarnya tidak memiliki manfaat dalam hidupnya.

Mereka cenderung lebih memilih menyendiri dan mengurung diri di dalam kamar, serta takut atau malas berhubungan dengan orang lain atau dunia luar, sehingga membatasi diri dari interaksi dengan orang dan dunia luar.

Orang yang dianggap nolep juga seringkali tidak memiliki rasa empati atau simpati pada orang lain, terkesan cuek dan tidak peduli dengan sekitarnya. Mereka juga sangat tergantung pada gadget dan internet, seperti handphone, PC, atau konsol game, dan cenderung sulit menjauh darinya.

Selain itu, mereka lebih suka sendiri atau selalu menyendiri, sehingga memiliki sedikit teman di dunia nyata.

Namun, perlu diingat bahwa penggunaan istilah nolep sebaiknya tidak digeneralisasi atau dianggap sebagai suatu label untuk sekelompok orang.

Setiap individu memiliki kehidupan dan pilihan hidupnya masing-masing, dan penggunaan istilah ini sebaiknya dalam konteks yang tidak merendahkan atau menghakimi orang lain.***