Taman Nasional Baluran Situbondo, Afrikanya Indonesia

Taman Nasional Baluran (Foto: canva)

CELEBESMEDIA.ID - Taman Nasional Baluran disebut sebagai African Van Java, lokasinya berada pada perbatasan Kabupaten Banyuwangi dan Situbondo.

Baluran adalah salah satu destinasi wisata yang bisa kamu kunjungi apabila kamu punya rencana menuju ke Banyuputih, Situbondo.

Sebagai salah satu taman nasional yang ada di Indonesia, banyak pengunjung dibuat terkesima. Alasannya adalah taman nasional tersebut justru punya kekayaan alam yang membuat kamu jadi teringat tentang padang rumput tanah Afrika. Itulah mengapa, taman nasional tersebut dijuluki sebagai Africa Van Java.


Jam Operasional

Baluran buka setiap hari Selasa-Minggu, khusus hari Senin tutup. Jam buka mulai jam 07.30 sampai 17.00 karena lebih dari jam tersebut, kondisi Taman Nasional sudah gelap.


Harga Tiket Masuk

Tiketnya pun juga cukup terjangkau, yaitu hanya Rp 15.000 saja per hari untuk wisatawan domestik di hari biasa. Sedangkan Rp 150.000 per hari untuk wisatawan mancanegara.

Apabila kamu membawa bekal makanan dalam Taman Nasional ini, maka sebaiknya makanan tersebut kamu santap sendiri. Pihak pengelola telah memberlakukan larangan bagi para pengunjung supaya tidak memberi makan seluruh satwa liar yang ada dalam kawasan pelestarian alam tersebut.

Selain itu kamu juga hanya boleh makan pada area yang sudah ditentukan. Adapun beberapa area tersebut yaitu kantin, makan dalam mobil pribadi, ataupun makan pada area piknik yang sudah tersedia di Pantai Bama.

Berikut adalah informasi spot menarik di tempat wisata ini:

1. Goa Jepang

2. Hutan Evergreen

3. Savana Bekol

4. Menara Pandang

5. Pantai Bama Baluran

6. Dermaga Mangrove Bama

7. Perairan Bama

8. Pantai Bilik Sijie

9. Pantai Balanan

10. Pantai Pandeyan