Destinasi Wisata Hits Di Boyolali Menarik Untuk Dikunjungi

Wisata Gunung Merapi Selo Boyolali (Foto: canva)

CELEBESMEDIA.ID: Makassar - Wisata Boyolali menghadirkan beragam wisata alam yang sangat layak untuk dijadikan list rencana liburan anda selanjutnya. Selain instagramable, beberapa tempat wisatanya memiliki nilai sejarah yang menarik untuk dipahami. Berikut ada destinasi wisata wajib di boyolali:


1. Gunung Merapi


Foto: Gunung Merapi (canva)

Gunung Merapi juga menjadi rumah besar bagi beberapa tempat wisata yang sangat populer di tiap kabupaten tersebut, lengkap dengan fasilitas wisata yang akan memanjakan para pengunjung.

Gunung Merapi pesona, dan kegagahanya memang sudah dikenal hingga ke mancanegara. Dan di Indonesia sendiri, Gunung Merapi menjadi salah-satu gunung berapi teraktif.

Buktinya, saat ini Merapi telah menyemburkan awan panas sejauh 2 kilometer. Semoga saja aktivitas Gunung Merapi tidak berakibat fatal bagi masyarakat sekitar pada khususnya.


2. Gunung Merbabu


Foto: Gunung Merbabu (canva)

Gunung legendaris selanjutnya yang ada di Boyolali adalah Gunung Merbabu. Gunung Merbabu memiliki ketinggian 3.145 mdpl, dan menjadi lokasi favorit bagi kaula muda yang hobi dengan aktivitas pendakian. Tetapi ada hal yang harus dipersiapkan terlebih dahulu untuk melakukan hal tersebut, yaitu:

* Potensi udara dingin, dan kabut tebal,

* Potensi hujan lebat,

* Hutan yang lebat, namun homogen,

* Serta sulit menemukan sumber mata air.

Akses jalan, atau rute pendakian yang sangat terkenal menuju Gunung Merbabu adalah sebagai berikut:

* Jalur Selo,

* Jalur Suwanting,

* Jalur Kopeng,

* Jalur Wekas

Selain itu, lereng Gunung Merbabu banyak terdapat wisata air terjun, atau curug, atau coban. Yang paling penting, selalu utamakan keselamatan, dan menjaga kelestarian alam


3. Bukit Gancik Selo


Foto: Bukit Gancik Selo Boyolali (seringjalan)

Mendaki Gunung Merbabu tidak akan lengkap jika tanpa membahas Bukit Gancik Selo. Sebuah objek wisata alam yang dilengkapi dengan spot instagramable, sekaligus tanda menuju akhir pendakian semakin dekat.

Jalan menuju Bukit Gancik Selo bisa dtempuh melalui pendakian Gunung Merbabu melalui Jalur Selo. Bukit Gancik Selo, atau disebut juga Gancik Hill Top, menjadi tempat istirahat yang nyaman bagi yang akan, dan telah melakukan pendakian Gunung Merbabu.

Keindahan Bukit Gancik Selo, atau Gancik Hill Top sering juga dilukiskan sebagai sebuah negeri di atas awan, lengkap dengan view matahari terbit, dan terbenam.

* Lokasi Bukit Gancik Selo, atau Gancik Hill Top berada di alamat Desa Selo, Kecamatan Selo, Kabupaten Boyolali, Provinsi Jawa Tengah.

* Harga tiket masuk Bukit Gancik Selo Rp. 5.000.


4. Bukit Kinasih


Foto: Bukit Kinasih (craiovaonline)

Tempat wisata di Boyolali selanjutnya masih tentang bukit yang menyajikan panorama alam yang cantik, lengkap dengan spot foto yang instagramable. Namanya adalah Bukit Kinasih.

Bukit Kinasih menjadi salah-satu tempat terbaik untuk menikmati pemandangan Gunung Merapi, Gunung Merbabu, Gunung Sindoro, Dan Gunung Lawu.

Faktor cuaca sangat menentukan kepuasan wisata di Bukit Kinasih. Oleh karena itu, sangat direkomendasikan berkunjung saat cuaca cerah.

* Lokasi Bukit Kinasih berada di alamat Desa Sanden, Kecamatan Selo, Kabupaten Boyolali, Provinsi Jawa Tengah.

* Harga tiket masuk Bukit Kinasih Rp. 3.000 per orang.


5. Ekowisata Taman Air Tlatar


Foto: Ekowisata Taman Air Tlatar (Indonesia traveler)

Ekowisata Taman Air Tlatar adalah tempat wisata di Boyolali yang sangat cocok untuk tujuan wisata keluarga saat akhir pekan, maupun saat liburan tiba.

Karena di Ekowisata Taman Air Tlatar tersaji beragam wahana wisata yang bisa dinikmati oleh semua usia. Dari mulai wahana untuk anak, hingga spot wisata untuk para orang tua. Di antaranya:

* Kolam renang,

* Becak air,

* Pemandian untuk orang dewasa,

* Mancing,

* Flying fox,

* Resto, atau spot kuliner

Daya tarik utama dari Ekowisata Taman Air Tlatar adalah sumber mata airnya berasal dari sumber mata air alami, yang sangat jernih, dan segar.

* Lokasi Ekowisata Taman Air Tlatar berada di alamat Kebonbimo, Kecamatan Boyolali, Kabupaten Boyolali, Provinsi Jawa Tengah.

* Harga tiket masuk Ekowisata Taman Air Tlatar Rp. 10.000.

* Terdapat tiket terusan di beberapa wahana.