Ketimpangan Sosial Dan Contohnya (Foto: canva)

CELEBESMEDIA.ID: Makassar - Ketimpangan sosial merupakan salah satu tema kajian dalam ilmu sosiologi, studi yang mempelajari kehidupan sosial masyarakat. Kajian tema ini di sosiologi berfokus pada distribusi sumber daya dan beban di masyarakat

Dalam sosiologi, definisi ketimpangan sosial merupakan keadaan yang terjadi saat ada kesenjangan atau ketidakseimbangan akses masyarakat dalam memanfaatkan sumber daya yang tersedia.

Sumber daya tersebut bisa terkait dengan kebutuhan primer dalam kehidupan masyarakat, seperti pendidikan, kesehatan, perumahan, pekerjaan, hingga pangan. Ketimpangan sosial dapat terkait pula dengan hal-hal lain di bidang ekonomi, politik, dan budaya.

Ketimpangan sosial bisa berujung pada adanya perbedaan di tengah masyarakat berupa kondisi ketidaksetaraan. Mengutip dari Science Daily, perbedaan ini bisa memicu kerugian salah satu kelompok sosial tertentu di masyarakat. Kerugian itu dapat berupa kriminalitas, pengangguran dan marginalisasi, serta lain sebagainya.

Salah satu contoh pendekatan dalam sosiologi untuk mengkaji ketimpangan sosial adalah studi tentang distribusi kesejahteraan. Misalnya, apakah pendapatan ekonomi terdistribusikan secara merata di seluruh komunitas atau ada perbedaan tajam antara yang berpenghasilan tinggi dan rendah.