Golkar, Gerindra, dan Nasdem Bersaing Jadi Partai Teratas

Direktur Eksekutif CRC, Herman Heizer / foto: Yahya

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Selama masa kampanye berlangsung terdapat tiga partai di Sulawesi Selatan yang saling bersaing dalam meraih kursi terbanyak di daerah ini. Ketiga partai tersebut, yakni Partai Gerindra, Partai Golkar, dan Partai Nasdem.

Direktur Eksekutif lembaga survei Celebes Research Center (CRC), Herman Heizer, menjelaskan, dari tiga partai yang saling bersaing ini, Partai Nasdem dinilai akan mengalami peningkatan elektabilitas disisa masa kampanye.

"Kalau kita lihat secara Sulsel masih terjadi persaingan antara Golkar, Gerindra dan Nasdem. Tapi angkanya masih belum kita buka. Angkanya masih akan sampaikan nanti," jelasnya usai pertemuan Relawan Pengusaha Muda Nasional (Repnas) Sulsel, di Black Canyon Coffee, Makassar, Rabu (20/2/2019).

Menurutnya, peluang Nasdem dalam meraih kursi tidak hanya terlihat di Sulsel saja, namun juga di skala nasional Partai Nasdem diyakini dapat meraih kursi parlemen Senayan.

Hal tersebut, kata Herman, lantaran Nasdem memiliki calon legislatif yang bekerja secara maksimal. Partai lain yang dinilai punya peluang atau berada diposisi menengah pada Parlemen pusat, yakni Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dan Partai Amanat Nasional (PAN).

"Dari tiga partai itu kemungkinan Nasdem naik. Karena faktor calegnya yang saya lihat cukup merata dan semua bekerja. Bahkan secara nasional saya meyakini Partai Nasdem akan lolos," tegasnya.

Sementara untuk partai yang terancam tidak dapat meraih kursi di DPR RI, kata Herman, yakni Partai Garuda, Partai Berkarya, Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI), dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI)

"Yang hampir pasti tidak lolos itu seperti Berkarya, Garuda, PKPI, kemungkinan PSI. Kalau Perindo secara nasional cukup bagus. Tapi yang hampir pasti tidak lolos tiga partai itu tadi," tutupnya.