Bea Cukai Sulbangsel dan BNI Bantu UMKM Tembus Pasar Internasional

CELEBESMEDIA.ID, Makassar -  Bea Cukai Sulbangsel bersama BNI Xpora Kantor Wilayah 07 Makassar berkolaborasi menggelar Xpora International Logistics and Trade Expo 2022.

Kegitan digelar di Hotel Claro Makassar, Jalan A.P. Pettarani dan berlangsung selama dua hari, Selasa - Rabu (13 – 14/12/ 2022).

Kepala Kanwil Bea Cukai Sulbagsel Nugroho Wahyu Widodo mengatakan pameran ini untuk mendorong UMKM dalam ekpor internasional dan bertujuan mempertemukan eksportir dan buyer agar lebih efisien. 

"Memang kita tujuan itu internasional sehingga semua bisa bersaing di pasar internasional karena saya yakin barang-barang dari wilayah Sulawesi Selatan dan sekitarnya ini sangat luar biasa yang harus kita jual," ucapnya.

Apalagi, kata Nugroho, saat pandemi Covid-19 melanda para pelaku UMKM berjuang keras melakukan penjualan keluar negeri.

"Alhamdulillah kini sangat membahagiakan karena semakin banyak yang sejahtera karena memang dengan pasar luar negeri itu pertama memang harganya bisa lebih baik, Sehingga Meraka bisa lebih sejahtera," pungkasnya.

Lebih lanjut dijelaskan, komiditi yang sering ekpsor dominan komoditi perikanan mulai dari ikan tuna, kepiting, teripang dan  produksi laut lainnya.

"Itu semuan laku di pasar ekspor, kemudian rempah rempah mulai dari lada, jahe dan lain lainnya itu laku di pasar ekspor," benernya.

Dirinya pun menyarankan kepada pelaku UMKM jangan cuman sibuk bersaing tapi mereka juga harus mulai harus rajin bersinergi. "Misalnya yang punya produk UMKM kita bekerjasama saja gitu bareng-bareng," tandasnya.

Olehnya itu melalui kegiatan ini Bea Cukai Makassar bersama BNI Xpora Kantor Wilayah 07 Makassar berkolaborasi mempertemukan dan mengajari para pelaku UMKM untuk meningkatkan kualitas produknya.

"Agar kualitas, kuantitas dan kontinuitas produkny terjaga. Kita sebagai regulator sekaligus mendukung mereka agar menjadi bisa tembus pasar internasional," tutupnya.

Laporan : Darsil Yahya