Damkar Makassar Bersihkan Jalan Pasca Demonstrasi di Fly Over

Petugas membersihkan jalanan sisa aksi demonstrasi mahasiswa / foto: handover

CELEBESMEDIA.ID, Makassar –  Sejumlah petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) Makassar membersihkan jalanan di sekitar fly over pasca aksi demonstrasi mahasiswa, Selasa (24/9/2019) malam.

Diketahui, ribuan mahasiswa berkumpul di fly over dan gedung DPRD Sulsel untuk menyuarakan aksinya menolak Rancangan Undang-undang (RUU) Pertanahan serta semua regulasi RUU yang kapitalis dan tidak pro rakyat.

Aksi ini sempat diwarnai bentrokan antara mahasiswa dengan aparat kepolisian. Bahkan, sejumlah fasilitas juga sempat dirusak seperti pot di atas fly over yang dipecahkan menyisahkan tanah dan pecahan pot.

Selain itu, aksi ini juga meninggalkan sisa pembakaran ban di jalanan.

Petugas damkar bergerak membersihkan sisa aksi demonstrasi itu. Mereka menyiramkan air di jalan di sekitar bawah fly over. 

Menurut Kepala Seksi Pengendali Operasi Damkar Makassar, A Muh Cakrawala, sebanyak 2 unit mobil Damkar diturunkan dengan 10 orang petugas.



Pembersihkan jalanan ini dilakukan agar pengendara bisa lancar melanjutkan perjalanannya.

“Rekan-rekan mahasiswa silahkan berdemo asal tidak anarkis, biar kami yang bantu bersihkan sisa hasil aksi kalian,” katanya.

Sebelumnya, ribuan pendemo yang tergabung dalam mahasiswa dari berbagai kampus di Makassar sudah melakukan aksi demonstrasi.

Aksi unjuk rasa ini pun berujung bentrok. Mahasiswa yang hendak memaksa untuk masuk ke dalam gedung dihalangi oleh aparat kepolisian. Polisi bahkan menembakkan gas air mata beberapa kali ke arah para demonstran.