Driver Bosowa Semen Belajar Minimalisir Kecelakaan dengan Kondisi Ban

Driver Bosowa Semen Belajar Minimalisir Kecelakaan dengan Kondisi Ban - (handover)

CELEBESMEDIA.ID, Maros - Sejumlah pengemudi PT Mallomo, anak perusahaan PT Semen Bosowa Maros divisi transport, kumpul di kantor PT Mallomo, desa Baruga, kecamatan Bantimurung, Maros, Jumat (20/9/2019).

Dalam rilis yang diterima redaksi CELEBESMEDIA.ID, mereka mengikuti workshop sehari tentang meminimalisir dan mencegah kecelakaan berlalu lintas, salah satunya dengan mempelajari kondisi dan tipe ban kendaraan.

Driver Management PT Mallomo, Sutan Takdir mengatakan kegiatan ini bertujuan agar pengemudi Mallomo mengetahui ukuran standar dan tekanan angin ban sesuai dengan tipe dan merk. Serta pengemudi tahu cara mengukur tingkat keausan ban.

“Karena banyak juga penyebab kecelakaan yang diakibatkan oleh kondisi ban, makanya ini penting juga diketahui oleh driver. Sekaligus driver tahu risiko yang timbul akibat salah mengisi tekanan angin atau mengganti ban yang tidak sesuai dengan spek unit dan jenis rute yang dilalui,” ujarnya.

Sutan menambahkan driver pun mesti mengetahui muatan dan lintas rute tempuhnya. Jika driver kurang paham, maka risiko yang timbul seputar ban kendaraan yakni berkurangnya kendali unit saat dikemudikan, mesin bisa bekerja lebih ekstra memicu sparepart cepat aus sehingga mengakibatkan boros bahan bakar.

Dari workshop ini, driver jadi tahu tentang kode ban mobil, termasuk lebar ban, diameter, tinggi, ukuran, maksimal beban.

Salah seorang driver, Rahmat Jaya mengatakan mayoritas pengemudi Bosowa hanya mengetahui pemahaman umum terkait ban berdasarkan pandangan mata mereka. Namun setelah mengikuti kegiatan ini ia mengaku mengetahui lebih banyak tentang tempo/waktu/masa penggunaan ideal lima tahun sejak tanggal dikeluarkan dari pabrik. Serta wajib memastikan tahun terkini sejak ban tersebut dibeli. Driver dump truck sepuluh roda ini juga merasa lebih disiplin untuk mengecek kondisi kendaraan sebelum ia membawa muatannya.