Kebun Buah dan Sayur Keunggulan Longwis Green Garden Ely

Kebun Buah dan sayur Longwis Green Garden Ely - (foto by Fitri Khaerunnisa)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Kebun buah dan sayur menjadi keunggulan Longwis Green Garden Ely yang terletak Jl. Tamangapa Raya, Kompleks Guru SMA 10, Kelurahan Tamangapa, Kecamatan Manggala, Kota Makassar.

Hal itu diungkapkan oleh Sekretaris Lurah Tamangapa, Nur Hikmah kepada CELEBESMEDIA.ID, saat ditemui Longwis Green Garden Ely, Selasa (29/11/2022).

"Keunggulan longwis ini adalah kebun garden, selain bisa dijadikan spot foto hasil kebunnya pun bisa dinikmati bersama makanya disebut green garden karena memang kita identik dengan kebun," ujarnya.

Green Garden memiliki luas 12x13 meter dengan berbagai jenis buah dan sayur diantaranya cabai, jeruk,kacang panjang labu madu, anggur, sawo, pepaya obat-obatan seperti daun miana, kumis kucing.

Nur Hikmah mengungkapkan, Kelurahan Tamangapa, Kecamatan Manggala memiliki 7 Longwis. Selain Green Garden Ely. Ada Longwis Southampton di Perumahan Berlian Permai Parinring, Longwis Portobello di Jl Parinring, Longwis Preston di Kampung Kajang Jl Tamangapa Raya.

"Serta Longwis Cotwold di Jl Muhammadiyah RT 02 RW 05, Longwis Rye Jl Kampung Parinring, Depan SMP 17 Makassar dan Longwis Harrogate di Jl Perum Bonto Te'ne RT 04 RW 02," ungkapnya.

Lebih lanjut, ia menjelaskan, demi meningkatkan UMKM di longwis Lurah Tamangapa, Pesawatro rutin melakukan edukasi kepada warganya.

"Salah satu upaya meningkatkan UMKM kami menggelar pelatihan daur ulang sampah anorganik apalagi di Tamangapa terkenal dengan TPA," bebernya.

"Jadi kita mengundang narasumber untuk memberikan pelatihan terkait cara mendaur ulang sampah dibuat menjadi kerajinan tangan yang memiliki nilai ekonomi untuk bisa dijual kembali," sambungnya.

Contohnya, kata Nur Hikmah dari gelas plastik minuman dibuat menjadi tas atau keranjang dan dari kemasan pembungkus kopi instan bisa dibuat juga menjadi tas.

"Ada beberapa yang sudah dipasarkan seperti bunga hias, adanya Longwis ini masyarakat sangat antusias karena mereka menggangap bisa diperhatikan," tutupnya.

Laporan : Darsil Yahya