Walikota Makassar Sebut Jeneponto Cocok Jadi Ibu kota Indonesia

Danny Pomanto - (foto by Mardi)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Presiden Joko Widodo telah mengumumkan rencana pemindahan Ibu Kota negara dari DKI Jakarta, ke luar pulau Jawa. Namun, belum disebutkan nama wilayah yang nantinya akan menjadi alternatif ibu kota.

Terkait hal itu, Walikota Makassar, Danny Pomanto mengatakan langkah tersebut sudah tepat menyusul kondisi Jakarta yang makin padat saat ini.

“Selain Kalimantan, Sulawesi Selatan menjadi alternatif yang perlu dipertimbangkan oleh pusat, karena posisi Sulsel yang berada di tengah - tengah Indonesia. Jika melihat struktur geografisnya, Kabupaten Jeneponto yang paling cocok menjadi lokasi pemindahan Ibu Kota,” tegas Danny Pomanto kepada CELEBESMEDIA.ID, Kamis (2/5/2019).

Danny menambahkan, selain karena daerahnya yang berada didataran tinggi, secara ilmiah potensi ancaman bencana alam di Jeneponto sangat minim.

Menurut arsitek jebolan Universitas Hasanuddin ini, sudah seharusnya ibu kota dipindahkan keluar dari pulau Jawa. Lantaran DKI Jakarta kini bukan lagi menjadi kota megapolitan, melainkan mega monopolitan yang memonopoli segala pusat aktivitas. Termasuk pusat ekonomi dan bisnis, pemerintahan, hingga budaya.