Tingkatkan Literasi, Dinas Perpustakan Kerahkan Relawan Baca

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Dinas Perpustakan Kota Makassar tak hanya menghadirkan ruang baca untuk meningkatkan kegiatan literasi bagi masyarakat di Longwis Indianapolis. Tapi juga mengerahkan Ibu Relawan Baca Kota Makassar.

Ketua Ibu Relawan Baca Kota Makassar, Kartini Ismail mengatakan fungsi Ibu Relawan Baca di Ga'de-ga'de Pustaka untuk mengelola dan mencarikan donasi buku.

"Memang tugas kami meningkatkab minat baca warga yang ada di Kota Makassar terutama yang ada di lorong-lorong khsususnya di lorong wisata," ucap Kartini Ismail kepada CELEBESMEDIA.ID, Senin (28/11/2022).

Khsusus di Longwis Indianapolis Kartini Ismail mengungkapkan adanya Ga'de-ga'de Pustaka membuat kegiatan literasi masyarakat meningkat.

"Pastinya ada peningkatan meskipun itu perlu perjuangan karena mengajak masyarakat yang sering main gadget (HP) untuk membaca itu tidak semudah membalikkan telapak tangan," jelasnya.

"Alhamdulillah minat baca anak-anak,orangtua semua umur itu meningkat," ucapnya lagi.

Dia mengungkapkan, dalan sehari Ga'de-ga'de Pustaka dikunjungi sekitar 50 orang dari berbagai usia.

"Mulai anak sekolah yang belajar membaca, mahasiswa, karyawan swasta dan lansia-lansia berkunjung ke sini," tuturnya.

Sebagai Ibu Relawan Baca Kota Makassar, Kartini berharap semua Longwis di Makassar juga memiliki Ga'de-ga'de Pustaka agar kegiatan berliterasi masyarakat meningkat.

"Semoga ada sponsor untuk pengadaan Ga'de-ga'de Pustaka demi meningkatkan minat baca masyarakat karena ini tidak murah dan tidak ada di APBD," tandasnya.

Laporan : Darsil Yahya