Bupati Selayar Ikuti Peluncuran Aksi Pencegahan Korupsi 2023-2024

CELEBESMEDIA.ID, Selayar - Strategi Nasional Pencegahan Korupsi (Stranas PK) kembali melakukan peluncuran Aksi Pencegahan Korupsi tahun 2023-2024 di Thamrin Nine Balroom, Jakarta, Selasa (20/12/2022).

Bupati Kepulauan Selayar, H. Muh. Basli Ali didampingi jajaran terkait bergabung mengikuti peluncuran Aksi Pencegahan Korupsi tersebut secara virtual di Ruang Vidcon Rujab Bupati.

Mengangkat tema "Digitalisasi untuk Cegah Korupsi" kegiatan tahunan yang diselenggarakan oleh Stranas PK tersebut diikuti Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri dan sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju. 

Ketua KPK yang juga selaku Koordinator Tim Nasional Pencegahan Korupsi (Timnas PK), Firli Bahuri mengatakan pencegahan korupsi menjadi penting karena melalui pencegahan, potensi kerugian negara terselamatkan.

Menurut Firli Bahuri, keberhasilan dan kegagalan aksi pemberantasan korupsi sangat tergantung pada komitmen bersama untuk menjalankannya, pencegahan korupsi sangatlah penting.

"Bapak Presiden Jokowi pernah menyampaikan bahwa Kinerja penegakan hukum bukan diukur dari seberapa banyak kasus yang ditemukan dan bukan diukur dari berapa banyak orang yang ditahan, namun harus ada pencegahan yang berkelanjutan agar korupsi tidak terjadi kembali," ucap Firli menirukan pesan Presiden Jokowi.

Lebih lanjut Firli menyampaikan laporan pelaksanaan, berikut capaian dan hambatan dalam implementasi Aksi Stranas PK tahun sebelumnya.

Ia mengklaim, pihaknya berhasil menyelamatkan Rp57,9 triliun kerugian negara dari potensi tindak pidana korupsi selama periode 2022.

"Upaya-upaya pencegahan selama ini, KPK berhasil menyelamatkan kerugian negara sehingga bisa digunakan untuk mendukung  pelaksanaan program nasional," jelasnya.

Pada kesempatan tersebut Firli Bahuri juga menyampaikan apresiasi kepada seluruh lembaga negara, pemerintah daerah, BUMN dan segenap masyarakat sipil yang terus memberikan dukungan atas upaya pemerintah dalam mencegah terjadinya korupsi.