Indianapolis, Longwis Unggulan Kecamatan Mamajang

Camat Mamajang Ari Fadli - (foto by Darsil Yahya)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Camat Mamajang Ari Fadli mengungkapkan Lorong Wisata (Longwis) Indianapolis merupakan longwis unggulan yang dimiliki Keluruhan Mappakasunggu, Kecamatan Mamajang, Kota Makassar.

"Unggul karena memiliki banyak UMKM diantaranya, ada penjual bakso solo, kapurung dan kue-kue tradisional dan lain sebagianya," kata Ari Fadli kepada CELEBESMEDIA.ID, Senin (28/11/2022).

Ditambah lagi, ada ruang baca bagi masyarakat, Ga'de-ga'de Pustaka atau Mini Pustaka Mart (MPM) dari Dinas Perpustakan Kota Makassar.

"Perpustakan mini ini merupakan suatu kesyukuran juga buat kami karena dari beberapa lorong wisata, baru lorong inilah yang dibantu oleh Dinas Perpustakan," ungkapnya.

Olehnya itu, Ari berharap dengan adanya Ga'de-ga'de Pustaka, masyarakat khususnya anak-anak bisa meningkatkan minat bacanya. "Karena nilai literasi kita masih kurang," tuturnya.

Meski baru 1 Ga'de-ga'de Pustaka yang diberikan, ia mengaku sangat membantu pemerintah setempat untuk meningkatkan minat baca anak-anak di Longwis Indianapolis.

"Ini menjadi titik kumpul anak-anak kita, berbaur, berkomunikasi dan bersilaturahmi apalagi saat ini anak-anak kita baru umur 5-6 tahun mereka memegang buku bahkan dominan sering memegang Hp," jelasnya.

"Walaupun sebenarnya informasi itu lebih cepat melalui Hp tetapi perlu juga tingkat literasi itu dibangkitkan dengan membaca buku," sambungnya.

Tak hanya itu, ia menyebut di Longwis Indianapolis juga terdapat berbagai jenis mural. Termasuk mural branding Longwis.

"Ada mural tokoh nasional maupun tokoh-tokoh adat di Sulsel," tuturnya.

Namun, lanjutnya, Walikota Makassar Moh Ramdhan Pomanto berharap Longwis tak hanya dibuat indah dengan adanya mural. Tapi paling utama ada kebangkitan ekonomi.

"Terjadi kebangkitan ekonomi masyarakat pasca pandemi Covid-19 itu yang paling penting dan keinginan masyarakat bahu membahu untuk meningkatkan kualitas UMKM yang ada di Longwis ini," ucapnya.

Hadirnya Longwis ini, Ari berharap membantu perekonomian masyarakat khsususnya yang ada di lorong.

"Kita ketahui bersama pandemi Covid-19 adalah musuh kita bersama di tahun 2020 hingga 2022 ini banyak suadara-sudara kuta di PHK. Longwis ini bisa menjawab bagaimana membangkitkan ekonomi masyarakat," tutupnya.

Laporan : Darsil Yahya