Kadinkes Makassar Ajak Perempuan Rutin Deteksi Dini Kanker Payudara

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Kadis Kesehatan Makassar, Nursaidah Sirajuddin mengajak kaum perempuan rajin memeriksakan atau mendeteksi dini kanker payudara.

Ia menegaskan kampanye pemeriksaan payudara sendiri (Sadari) dan melakukan tes Inspeksi Visual Asetat (IVA) di 3 Puskesmas.

Pertama di Puskesmas Makkasau di Jl Andi Makkasau Kecamatan Ujung Pandang. Kedua Puskesmas Bara Baraya di Jl Abu Bakar Lambogo Kecamatan Makassar dan terkahir di Puskesmas Kassi-Kassi Jl Tamalate 1 Kecamatan Rappocini.

Nursaidah Sirajuddin menjelaskan setiap peskesmas menghadirkan 100 orang peserta untuk mengikuti kampanye sadari.

 "Kita tau bersama bahwa data untuk penderita kanker payudara itu begitu mendominasi lebih tinggi di banding kanker serviks," ujarnya.

Tujuan  2 kegiatan ini selain memperingati Hari Ibu 2022, kampanye Sadari dan IVA ini dilakukan untuk memberikan edukasi kepada perempuan agar menjaga kesehatannya.

Melalui kampanye ini ia berharap perempuan rutin melalukan pemeriksaan tiap 6 bulan sekali.

"Walaupun sekarang kita dalam kondisi normal baik dalam pemeriksaan Sadaro maupun IVA masyarakat harus 6 bulan sekali berkunjung ke puskesmas untuk memeriksankan dirinya," ujarnya.

"Tiga kali berturut turut bila hasilnya masih normal maka dianjurkan kembali lagi 1 tahun selanjutnya,"sambungnya.

Tujuan lainnya kampanye ini agar peserta yang hadir bisa juga menyampaikan kepada masyarakat betapa pentingnya melakukan Sadari dan IVA.

"Kalau satu orang bisa mensosialisasikan lima orang saya yakin perempuan perempuan yang ada di Kota Makassar bisa terhindar dari penyakit kanker payudara maupun kanker serviks," tuturnya.

Keterlibatan stakeholder dalam kampanye ini sangat diharapkan agar kempanye tersebut terus berkelanjutan.

"Kita berharap tidak sampai di hari ini saja. Kita berharap pemerintah melakukan sosialisasi berkepanjang kepada masyarakat. Karena momen inilah yang harus betul betul kita lakukan agar melakukan deteksi dini," pungkasnya.

Laporan : Darsil Yahya