Menag Fachrul Razi Minta Garuda Siapkan Layanan Eyab untuk Jamaah Haji Indonesia

Menteri Agama Fachrul Razi (kanan) saat menerima jajaran pimpinan PT Garuda Indonesia - (foto DOK Kemenag)

CELEBESMEDIA.ID, Jakarta - Menteri Agama Fachrul Razi meminta Garuda Indonesia menyediakan layanan Eyab (VIP Lounge) di Bandara Jeddah dan Madinah untuk jamaah haji Indonesia.

“Kalau bisa, diusahakan Garuda Indonesia juga menyediakan layanan Eyab bagi Jamaah Haji Indonesia,” kata Menag Fachrul Razi saat menerima pimpinan PT Garuda Indonesia di kantor Kementerian Agama, Jakarta, dirilis CELEBESMEDIA.ID dari laman resmi Kemenag, Rabu (19/2/2020).

Menurut Menag, pada musim haji tahun 1440/2019, jamaah haji Indonesia sudah mendapatkan layanan Eyab yang diberikan Saudi Airlines. Ada sekitar 55 kloter yang mendapatkan layanan setara VIP Lounge saat di bandara Madinah dan Jeddah, jelang pulang ke Tanah Air.

Jumlah itu terdiri dari 17 kloter yang mendapat layanan di King Abdul Aziz International Airport (KAAIA) Jeddah dan 28 kloter di bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMAA) Madinah. “Kemenag tahun ini mengupayakan ke pihak Arab Saudi agar lebih banyak lagi kloter jamaah haji Indonesia yang bisa menikmati layanan ini. Dan kiranya ini bisa dilakukan oleh PT Garuda Indonesia,” harap Menag.

Dirut PT Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra, merespon keinginan yang disampaikan Menag Fachrul Razi. PT Garuda Indonesia akan mengupayakan yang terbaik bagi jamaah haji Indonesia. “Kita akan lihat dan upayakan Pak Menteri,” kata Ifran.

Selain itu, Irfan juga menyampaikan dan berharap kepada Kementerian Agama agar dapat menginformasikan kepada travel-travel yang memberangkatkan jamaah umrah Indonesia agar menggunakan PT Garuda Indonesia. “Garuda Indonesia sekarang menerbangkan jemaah umrah menggunakan direct, karena khawatir membingungkan jemaah kalau transit,” tambah Irfan.