Dua Calon Jamaah Haji Embarkasi Makassar Berusia 100 Tahun

Kepala Kanwil Kemenag Sulsel, Anwar Abubakar saat menerima kunjungan silaturahmi manajemen Celebes TV di kantornya di Jalan Nuri, Jumat (12/7/2019) - (ist)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Dua dari 18.171 Calon Jamaah Haji (CJH) dari delapan provinsi pada embarkasi Makassar musim haji tahun 2019 masuk kategori usai tertua. Dua CJH tersebut berasal dari Kabupaten Bone dan Papua.

"Yang paling tua itu umurnya 104 tahun asal Papua, kedua asal Bone berumur 102 tahun," kata Kepala Kanwil Kemenag Sulsel, Anwar Abubakar saat menerima kunjungan silaturahmi manajemen Celebes TV yang dipimpin Head Manager Marketing, Rudhy Almandary di kantornya di Jalan Nuri, Jumat (12/7/2019).

Anwar menjelaskan, mereka yang sudah berusia uzur atau kondisi fisiknya lemah harus mendapatkan perhatian khusus dari petugas haji yang melakukan pendampingan.

"Pelayanannya sedikit lebih dibandingkan CJH yang lain. Apalagi kondisi fisiknya lemah dan tentu ruang geraknya juga terbatas. Makanya diharapkan para jamaah calon haji bisa saling membantu," ujarnya.

Selain berumur lebih dari 100 tahun, ada juga CJH masuk kategori paling muda. Asalnya dari Kabupaten Luwu Utara. Umurnya 17 tahun.

Mantan Kakanwil Kemenag Gowa ini juga menyarankan agar CJH menjaga kondisi kesehatan. Mengingat cuaca di Arab Saudi memasuki musim panas. Hal ini lanjutnya rawan memicu sakit dan sebagainya karena cuaca tidak seperti biasanya.

"Cuaca di sana mencapai 46 derajat celcius. Jadi diharapkan jamaah mengurangi aktivitasnya yang tidak terlalu penting. Apalagi proses perjalanan ibadah haji masih panjang," imbau Anwar Abubakar.

Sekedar diketahui, total jamaah calon haji yang diberangkatkan dari embarkasi Makassar tahun ini mencapai 18.171 orang dari 8 provinsi di kawasan Timur Indonesia. Adapun pemberangkatannya terbagi dalam 40 kloter.