Marzuki Alie Kritik Penampilan Nadiem Makarim Saat Hadiri Pelantikan Rektor UI

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim saat menghadiri pelantikan Rektor UI, Rabu (4/12/2019) - (foto by Twitter)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Mantan Ketua DPR RI   periode 2009-2014, Marzuki Alie mengkritik penampilan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim saat menghadiri acara pelantikan Profesor Ari Kuncoro sebagai Rektor Universitas Indonesia (UI), Rabu (4/12/19) lalu di Balai Purnomo UI kampus Depok.

Lewat cuitan di akun Twitternya @marzukialie_MA, Jumat (6/12/2019), mantan Sekretaris Jenderal di Partai Demokrat ini menulis kritik, 

"Mas menteri @NadiemMakarim sebagai pejabat VVIP pada acara resmi protokoler, pelantikan rektor UI, pakai baju santai, sepatu tanpa kaos, disaat yang lain pakaian lengkap. Perlu mencontoh Pres @Jokowi yang bisa menyesuaikan dress codenya. Anda sekarang pejabat publik."

Marzuki Alie juga mengunggah foto Nadiem  saat bersalaman dengan Rektor UI di acara tersebut. Dalam foto itu, terlihat Nadiem mengunakan celana jeans, sepatu tanpa kaus kaki serta kemeja batik berwarna biru digulung hingga pangkal lengan.

Dari hasil penelusuran CELEBESMEDIA.ID di Twitter, Jumat (6/12/2019) pukul 17.00 WITA, , kritik tersebut telah dilike sebanyak 884 kali, diretweet 247 kali dan dikomentari 437 kali.  Umumnya para netizen setuju dengan kritik Marzuki Alie, tapi tak sedikit pula yang mendukung gaya berbusana Nadiem.

Muhammad Said Didu @msaid_didu

Jujur saya sedih melihatnya. Etika dan penghormatan ke orang lain tetap perlu - kita tidak bisa seenaknya.


Dharma @dharma76926

Betul.. ga punya Etika dimana dia harusnya bisa menempatkan diri. Sama kaya yg ono tuh yg suka salah kostum 


coky marbun @cokymarbun

Kita anak Milenial, maklum kalau ortu protes. Tapi maaf pak jaman bapak sudah lewat, skrg jaman kita anak muda. Jaman milenial