Pemprov Sulsel Jajaki Kerjasama di Bidang Pariwisata dengan Australia

Pemprov Sulsel Jajaki Kerjasama di Bidang Pariwisata dengan Australia- (foto by Mardi)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Pemerintah Australia dan Indonesia merancang membuka rute penerbangan langsung dari Makassar ke kota Gold Coast, Australia. Rencana ini untuk mendukung peningkatan kunjungan wisatawan di dua wilayah tersebut.

Pemprov Sulsel kembali menjajaki peluang kerjasama dalam sektor pariwisata dengan pemerintah Australia. Jajak kerjasama itu dilakukan dalam Forum Pariwisata Australia - Indonesia Timur yang digelar di Hotel Sheraton Makassar, Senin pagi (4/3/2019).

Antara lain bentuk kerjasama yang akan diteken dalam waktu dekat ini, yakni pembukaan rute penerbangan langsung dari Makassar ke kota Gold Coast. Gold Coast adalah salah satu kota tujuan wisata dunia, dengan jumlah kunjungan wisatawan tiap tahunnya mencapai 30 juta orang.

Walikota Gold Coast, Tom Tate mengatakan kerja sama dalam sektor pariwisata ini untuk mendukung pembangunan ekonomi Indonesia bagian Timur sebagai salah satu tetangga terdekat Australia Utara.

“Kerja sama ini juga untuk meningkatan kesadaran investor Australia tentang peluang investasi di Indonesia Timur,” jelas Tom Tate.

Sementara itu, Wagub Sulsel Andi Sudirman Sulaiman mengaku pihaknya akan fokus mengembangkan destinasi wisata Toraja dan Bulukumba dalam menunjang kerjasama kedua negara ini.

“Sebenarnya semuanya bagus cuma kita baru fokus ke Toraja dan Bulukumba dulu. Karena Toraja adalah tujuan kedua setelah Bali, tapi beberapa tahun ini menurun, jadi kita fokus ke situ dulu termasuk fasilitas aksesibilitasnya. Karena itu yang jadi persoalan sekarang,” terang Andi Sudirman.

Selain sejumlah kabupaten/kota di Sulsel, beberapa daerah tujuan wisata di Kawasan Timur Indonesia juga hadir dalam forum pariwisata yang berlangsung dari tanggal 4-5 Maret 2019.