Ini 3 Lokasi di Makassar Rawan Penyebaran Penyakit Demam Berdarah

ilustrasi DBD - (ilustrasi by Akbar)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) menjadi atensi pemerintah saat ini, menyusul siklus cuaca yang kurang bersahabat.

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Makassar merilis jumlah kasus masyarakat yang terserang penyakit DBD sepanjang Januari 2019.  Selama sebulan terakhir, Dinkes mencatat ada 18 temuan kasus.

Kabid Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan Dinkes Makassar, Hadarati Razak mengatakan, pemberian informasi kepada masyarakat terkait pencegahan dan penyebaran nyamuk aedes aegypti intens dilakukan.

Hadarati Razak - (foto by Mardi)

“Aedes aegypti merupakan nyamuk yang membawa virus dengue penyebab penyakit demam berdarah, demam kuning, chikungunya dan demam Zika,” jelasnya saat ditemui CELEBESMEDIA.ID, Jumat siang (1/2/2019).

Sementara langkah taktis yang diambil Dinkes Makassar untuk mencegah penyebaran nyamuk tersebut yakni pembersihan sanitasi di Puskesmas, fogging focus dan fogging massal di area rawan DBD yang terus dilakukan untuk meminimalisir kemungkinan masuknya Makassar dalam zona Kasus Luar Biasa (KLB) demam berdarah.

Hadarati menambahkan, sejauh ini ada tiga titik yang menjadi daerah rawan DBD, yakni Kelurahan Ballaparang, Bakung dan Sudiang. Seluruh temuan kasus DBD di Makassar berasal dari tiga lokasi tersebut.