Lampu Hias Buatan Longwis Green Garden Ely Dapat Percantik Rumah

Proses pembuatan lampu hias di Longwis Green Garden Ely - (foto by Darsil Yahya)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Ilham, instuktur pembuatan lampu hias warga Longwis Green Garden Ely mengungkapkan lampu hias PVC dapat mempercantik rumah, selain dijadikan lampu tidur lampu hias ini juga sebagai sumber cahaya tambahan di ruang tamu.  

"Lampu hias ruang tamu yang memancarkan cahaya hangat dapat membangun suasana nyaman di ruangan. Cahaya dari lampu hias ruang tamu juga bisa memberikan highlight pada benda-benda di dalam ruang tamu," katanya kepada CELEBESMEDIA.ID, Selasa (29/11/2022). 

Ilham mengungkapkan lampu hias ini selain bisa bermanfaat untuk warga juga bisa dijual karena bernilai ekonomis. Harga untuk lampu hias yang standar sekitar Rp65 ribu hingga Rp70 ribu. 

"Harganya bervariasi, semakin sulit motif atau bentuknya maka semakin mahal nilainya bahkan ada yang sampai jutaan," ucapnya. 

Lebih lanjut, pria yang akrab disapa Ilo ini mengaku bahan-bahan untuk membuat lampu hias cukup mudah didapatkan. 

"Bahan-bahannya sangat mudah ditemukan bahkan bisa tanpa modal karena kita bisa dapatkan bahannya di bangunan-bangunan yang belum jadi," terangnya. 

Bahkan Ilo menjelaskan, untuk tingkat kesulitan membuat lampu hias ini bisa dikatakan tidak ada. Tergantung bagaimana kreativitas kita untuk membuat lampu hiasnya. 

"Tergantung kita mau buat model seperti apa, mau dibuat kotak juga bisa, bahkan bukan hanya dijadikan lampu hias, PVC ini bisa juga sebagai tempat tisu dan lemari mini," tukasnya. 

Namun untuk membuat lampu hias, Ilo membeberkan peralatan utama yang harus disediakan PVC dan bor mini kabel dan alat-alat listrik. 


Lampu hias buatan warga Longwis Green Garden Ely - (foto by Darsil Yahya)

"Bor mini ini fungsinya membentuk, mengukir, sementara untuk mempercantik lampu hias kita cat sesuai warna yang diinginkan," jelasnya. 

Ilo menjelaskan sebelum mulai membuat lampu hias, persiapkan beberapa alat dan bahan yang dibutuhkan seperti bor mini, pisau cutter, kertas amplas, lem bahannya pipa Paralon atau PVC, dipotong ukurannya sekitar 20cm - 25 cm tergantung kebutuhannya.

"Pertama-tama bikin pola gambar di pipa, setelah itu kita poton/lubang/ukir sesuai garis pola yang ada," jelasnya.

Setelah selasai, masuk tahap penghalusan menggunakan amplas kasar untuk menghilangkan serat-serat bekas potongan, dilanjutkan dengan amplas halus supaya terlihat lebih bersih.

"Saat terlihat cukup bersih dan halus kita warnai pakai cat semprot. Setelah kering kita pasang plastik fiber dan lampunya,"

Sementara untuk proses pengeringannya tergantung cuaca, kalau lagi terik matahari bisa 1 jam sudah kering tapi kalau lagi mendung biasa 6 jam baru kering.

"Untuk proses pengerjaannya itu 1 lampu butuh waktu 2 sampai 3 hari," tandasnya

Dia menambahkan adanya pelatihan ini masyarakat Longwis Longwis Green Garden Ely, Jalan Tamangapa Raya, Kompleks Guru SMA 10, Kelurahan Tamangapa, Kecamatan Manggala, bisa membuka usaha dengan produk lampu hias.

"Kedepan warga yang sudah pintar buat lampu hias ini, mereka bisa memproduksinya dalam jumlah yang banyak untuk dijual," ungkapnya. 

Laporan : Darsil Yahya