Pesawat LET L-410 akan Layani Penerbangan Sipil Bandara Bone

Bandara Arung Palakka, Bone, Sulsel - (ist)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Maskapai Susi Air bakal melayani penerbangan di Bandar Udara Arung Palakka, Kabupaten Bone, Provinsi Sulawesi Selatan.

CEO Susi Air, Zulkarnain Abdinegara mengapresiasi telah dipercaya oleh Pemkab Bone untuk menjadi maskapai yang melayani penerbangan di Bandara Arung Palakka.

Ada tiga rute yang akan dilayani Susi Air selama beroperasi di Bandara Arung Palakka. Pertama rute Makassar-Bone, pulang pergi (PP).

"Makassar-Bone itu 5 kali seminggu dengan harga tiket 300 ribu rupiah. Kemudian, Bone-Kendari (PP) 2 kali seminggu dengan harga tiket Rp550 ribu dan Bone-Balikpapan (PP) 2 kali seminggu dengan harga tiket Rp1.100.000," jelas Zulkarnain.

Nantinya, Susi Air akan menyiapkan satu pesawat jenis LET L-410 yang melayani semua rute. Pesawat ini mampu menampung 18 penumpang dalam satu kali penerbangan.

"Satu jenis pesawatnya LET berpenumpang 19 orang. Susi Air sih memang miliki pesawat itu kan 49 saat ini, yang terbang saat ini hari ini sekitar 37 yang lainnya mungkin ada overhole maintanence kira-kira begitu," jelasnya.

Pesawat L-410 merupakan salah satu pesawat penumpang sipil (airliner) komersial bertenaga baling-baling yang dibuat oleh perusahaan Ceko. Pesawat ini diproduksi di Let Kunovice. 

"Bisa itu. Kan satu minggu lima kali paling banyak penerbangannya. Tidak setiap hari," tambahnya.

Untuk keamanan pesawat yang akan beroperasi, Zulkarnain menjamin aman. Pasalnya pesawat itu baru saja menjalani overhaul atau proses pembongkaran mesin untuk diperiksa dan diperbaiki bila terdapat komponen yang rusak.

"Insya Allah. Kebetulan pesawatnya itu barusan overhaul dibawa ke pabriknya ke Chekoslovakia. Baru datang mungkin sekitar satu bulan," kata Zulkarnain penuh optimis.

"Beberapa bulan lalu kami lakukan penerbangan dengan pesawat itu di Mamuju, Balikpapan. Mamuju ke Palu," tutupnya.

Pengoperasian Bandara Arung Palakka oleh Susi Air ditandai dengan penandatangan kontrak subsidi penerbangan di kantor Gubernur Sulsel, Senin (28/11) lalu. Rencananya penerbangan dimulai pada Kamis, 1 Desember 2022.