Camat Biringkanaya: UMKM Jadi Keunggulan Longwis Rouen

Camat Biringkanaya, Benyamin B Turupadang - (foto by Darsil Yahya)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Camat Biringkanaya, Benyamin B Turupadang mengungkapkan kelebihan Lorong Wisata (Longwis) Rouen dibanding Longwis yang lainnya yang ada di Kota Makassar, terletak Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

"Kelebihan atau keunggulan Longwis Rouen adalah setiap rumah hampir semua ada potensi usaha lorongnya," kata Benyamin B Turupadang kepada CELEBESMEEDIA.ID, Rabu (26/10/2022).

Benyamin menyebut UMKM yang ada di Longwis Rouen terdiri dari Bakso, Somay, Pangsit, Jamu, Kripik Ubi, serta hewan ternak kambing. Namun untuk usaha ternak kambing, ia menuturkan kandangnya tidak ada di dalam lorong, yang ada cuman pengolahannya saja.

"Tidak di sini kandangnya, tapi orang bisa pesan di sini dipotongkan baru dibawakan. Jadi di lorong wisata ini hampir semua ada usahanya," ucapnya.

Mantan Lurah Pampang ini juga mengatakan Longwis Rouen yang berada di Jalan Bahagia 2, Kelurahan Sudiang, Kecamatan Biringkanaya ini sama seperti Longwis yang ada di Kota Makassar. Ada budidaya tanaman hidroponik dan budidaya ikan air tawar.

"Kemudian potensi lorong yang ada di sini itu ada budidaya ikan air tawar, seperti ikan lele, dan lobster ada juga budidaya tanaman hidroponik, sawi pakcoy, selada ada juga mikro green," ungkapnya.

Sehingga dengan adanya program unggulan Walikota Makassar Moh Ramdhan Pomanto ini, Benyamin mengaku pendapatan ekonomi masyarakat di Longwis Rouen perlahan mulai meningkat.

"Misalnya lobster dan ikannya sudah ada yang akan beli. Begitupun tanaman sayuran hidroponik dan usaha UMKM di sini banyak yang laku sehingga kita berharap masyarakat akan mendapatkan peningkatan ekonomi melalui program pemerintah Kota Makassar," tandasnya.

Olehnya itu, ia berharap dengan adanya lorong wisata ini semakin banyak orang yang melihat dan berkunjung.

"Harapan kita kedepan yang pertama kita dengan adanya Longwis masyarat menggunakan tanaman-tanaman produktif minimal untuk kebutuhan mereka sendiri. Kedua masyarakat akan menerima manfaat peningkatan ekonomi di dalam lorong," tutupnya.

Laporan : Darsil Yahya