Masuki Musim Penghujan, DPU Makassar Fokus Benahi Pintu Air

Kanal di jalan Andi Tonro dipenuhi sampah plastik, Sabtu (15/6/2019) - (Dok Celebes Media)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Memasuki musim penghujan tahun ini, Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar terus memetakan sejumlah solusi untuk penanganan banjir dan genangan di sejumlah titik.

Kepala Bidang Pengelolaan Sumber Daya Air dan Drainase Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Makassar, Fuad Azis, mengatakan upaya yang dilakukan Pemkot fokus pada pengoptimalan sektor saluran air.

Fuad menegaskan, beberapa drainase tidak terkoneksi dengan baik pada saluran primer atau kanal, karena terhalang oleh sampah-sampah non organik yang sulit terurai. Karenanya, pada musim hujan tahun ini, pihaknya fokus pada pemeliharaan pintu air kanal agar saluran pembuangan dari hulu ke hilir bisa lancar.

“Salah satu pencegahan untuk bisa berfungsinya saluran air dengan melakukan penutupan plat saluran drainase. Menggunakan saluran tertutup untuk menghindari buangan sampah yang tidak disengaja,” ujar Fuad Azis saat ditemui CELEBESMEDIA.ID, Sabtu (16/11/2019).

“Biasanya saluran-saluran yang terbuka itu kita lihat ada sampah di saluran. Makanya, ini fokus ke pemeliharaan pintu air,” tambahnya.

Fuad mengakui sejauh ini pemeliharaan pintu air sudah berlangsung di beberapa titik vital yang kerap menjadi langganan banjir, diantaranya kanal - kanal di kecamatan Rappocini, Panakkukang, Manggala dan Tamalanrea.