Pemkab Selayar Gelar Apel Penghormatan dan Renungan Suci HUT ke-79 RI

CELEBESMEDIA.ID, Selayar - Dalam rangka HUT Kemerdekaan ke-79 Republik Indonesia, Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar menggelar Apel Penghormatan dan Renungan Suci bagi para arwah Pahlawan pejuang kemerdekaan, Sabtu (17/8/2024) dini hari.

Bupati Selayar Muh Basli Ali dan Wakil Bupati Saiful Arif, bersama Forkopimda dan Pimpinan OPD hadir mengikuti Apel Kehormatan dan Renungan Suci tersebut, yang berlangsung di Taman Makam Pahlawan (TMP) Barugaia, Selayar.

Apel dimulai tepat pukul 00.00 Wita, bertindak selaku Inspektur Upacara adalah Komandan Kodim 1415 Kepulauan Selayar Letkol Inf Nanang Agung Wibowo, Perwira Upacara Kapten Inf Zainuddin, sementara Komandan Upacara Letda Inf Rahman Tawang.

Acara berlangsung khidmat dan sakral saat Letkol Nanang Agung Wibowo membacakan Renungan Suci yang disertai pemadaman listrik dan obor dinyalakan sebagai alat penerangan.

"Kami menyatakan hormat yang sebesar-besarnya atas keridaan, keikhlasan, dan kesucian pengorbanan para pahlawan dalam mengabdi kepada perjuangan demi kebahagiaan nusa dan bangsa,"

“Kami bersumpah dan berjanji, perjuangan para pahlawan adalah perjuangan kami pula dan jalan kebaktian yang ditempuh adalah jalan kami juga. Kami berdoa, semoga arwah para pahlawan diterima oleh Tuhan Yang Maha Esa di tempat yang sebaik-baiknya,” ucap Letkol Nanang membacakan naskah renungan suci.

Setelah prosesi mengheningkan cipta untuk para kusuma bangsa, Apel penghormatan dan renungan suci kemudian ditutup dengan doa, selanjutnya dilakukan penghormatan terakhir kepada arwah para pahlawan sebelum meninggalkan TMP Barugaia.

Apel Kehormatan dan Renungan Suci ini sendiri diketahui, dilaksanakan dengan tujuan untuk mengenang jasa pengabdian dan sekaligus untuk mendoakan arwah para pahlawan bangsa, baik yang telah gugur dalam perjuangan melawan penjajah maupun pahlawan pasca kemerdekaan.