Ga'de-ga'de Pustaka Menambah Minat Baca Masyarakat

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Pengelola Ga'de-ga'de Pustaka Lorong Wisata (Longwis) Indianapolis, Fenny mengungkapkan hadirnya Ga'de-ga'de Pustaka menambah minat baca masyarakat.

"Awalnya masyarakat khsususnya anak-anak yang tidak terlalu tertarik dengan membaca buku, (adanya Ga'de-ga'de Pustaka) akhirnya tertarik," ucap Fenny kepada CELEBESMEDIA.ID, Senin (28/11/2022).

Menurutnya, masyarakat tertarik karena Ga'de-ga'de Pustaka ini terbuat dari gerobak yang didesain khusus yang di dalamnya menyediakan tiga bagian.

"Ada perpustakaan mini, warung jajanan dan gerai penjualan pulsa," katanya.

Selain itu, lanjutnya, Ga'de-ga'de Pustaka juga menyediakan barcode khusus bagi masyarakat yang ingin membaca melalui handphone.

"Kita juga ada link atau di scan langsung pilih buku yang ingin kita baca," ucapnya.

Fenny menyebut, Ga'de-ga'de Pustaka hampir semua jenis buku bacaan ada. Seperti buku ilmu pengetahuan, novel, komik dan lain-lain.

"Di sini cukup lengkap karena hampir semua buku mulai buku untuk anak-anak hingga orang dewasa ada," jelasnya.

Selain itu, ia juga mengajak masyarakat yang memiliki koleksi buku dan ingin didonasikan. Ga'de-ga'de Pustaka siap menerima donasi buku tersebut.

"Jadi masyarkat yang punya buku-buku tua atau lama kita terima, daripada menumpuk dirumahnya lebih baik donasikan saja ke kami," ungkapnya.

Dia berharap kedepan Ga'de-ga'de Pustaka ini tak hanya ada di Longwis Indianapolis tapi juga ada di semua longwis yang ada di kelurahan atau kecamatan yang ada di Kota Makassar.

"Semoga kedepan bukan di sini saja, tapi ada di tempat lain juga jadi merata. Sehingga minat baca masyarakat yang ada di lorong meningkat," tutupnya.

Laporan : Darsil Yahya