Sanggar Seni Kaluarrang Longwis Kyoto Daya Tarik Bagi Wisatawan Asing

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Sanggar Seni Batara Gowa di Kampung Seni Baruga Kalluarang jadi daya tarik wisatawan asing untuk berkunjung ke Lorong Wisata (Longwis) Kyoto Jl Dg Tata 3 Lorong 2. Di tempat ini mereka belajar tari adat Sulawesi Selatan (Sulsel).

Salah satunya tim kesenian asal New York, Amerika Serikat, Battery Dance yang datang ke Kampung Seni Baruga Kalluarang Longwis Kyoto untuk belajar serta berkolaborasi tari adat Sulsel.

Presiden dan Direktur Kesenian Battery Dance, Jonathan Hollander mengaku hasil belajar bersama Sanggar Seni Batara Gowa  telah ditampilkan di Rumania.

"Hasil nyata dari program belajar bersama maestro  salah satunya beberapa waktu lalu Sanggar Seni Batara Gowa pentas di Rumania dengan menampilkan tarian tradisional," ucap Jonathan Hollander Kepada CELEBESMEDIA.ID, Jumat (2/12/2022).

Dia mengatakan di Indonesia khususnya di Makassar Battery Dance mengemban misi diplomasi budaya internasional mewakili Amerika Serikat sebagai duta budaya di lebih dari 60 negara dengan menggunakan tarian sebagai alat untuk menyelesaikan konflik.

"Memerangi kekerasan berbasis gender, menghilangkan stigma dan xenofobia, memberdayakan penyandang disabilitas, serta mengintegrasikan pengungsi," ujarnya.

Alasan lain, Jonathan memilih Kota Makassar merasa Makassar dan New York memiliki sejumlah keterkaitan.

"Salah satunya sama-sama kota pelabuhan dan sejak dulu menjadi pasar niaga yang ramai sehingga memilih Makassar," tandasnya.

Kampung Seni Baruga Kaluarrang Jl. Dg. Tata Makassar merupakan pusat kegiatan seni budaya yang dikelola secara mandiri oleh Lembaga Seni Budaya Batara Gowa dibawah pimpinan Andi Muhammad Redo.

Kawasan ini pernah menjadi lokasi pengambilan gambar desain rupiah edisi “Pakarena” yang tercetak di mata uang rupiah nominal 10.000 dimana Redo dan Batara Gowa menjadi konsultan seni budaya untuk Perum Peruri dan Bank Indonesia. Selain itu Kampung Seni Baruga Kaluarrang rutin menghadirkan pelaku seni budaya baik dari dalam dan luar negeri untuk berbagi ilmu dengan Batara Gowa sebagai bentuk cultural diplomacy dan membangun jejaring seni budaya.

Sejak didirikan tahun 1967 oleh maestro tari Andi Ummu Tunru, Batara Gowa melahirkan seniman-seniman kreatif dan berprestasi selain itu Batara Gowa telah mementaskan karya-karya seni pertunjukan hingga ke panggung dunia.

Untuk bergabung di Lembaga Seni Budaya Batara Gowa syaratnya mudah cukup memiliki minat dan semangat di bidang seni budaya, berkomitmen, serta disiplin.

Laporan : Darsil Yahya