Pindah ke Lapas Makassar, Ini Kata IAS

Ilham Arief Sirajuddin/ foto: Ariani

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Ilham Arief Sirajuddin (IAS) merasa bersyukur dapat kembali ke Kota Makassar meski masih dengan status tahanan. Ia dipindahkan dari Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Sukamiskin Bandung ke Lapas Klas 1A Makassar, Sabtu (16/2/2019) siang.

Sejak pagi tadi sejumlah kerabat mendatangi Lapas Makassar untuk dapat bertemu dengan mantan Walikota Makassar dua periode ini. IAS mengaku, dirinya bahagia dapat kembali ke Makassar dan bertemu dengan keluarga sekaligus bisa lebih dekat.

"Saya syukur bisa ke Lapas Makassar, karena pertimbangan dari keluarga, bisa ketemu dan lebih dekat lagi dengan keluarga," kata IAS saat ditemui usai dijenguk sejumlah kerabatnya.

Kendati jarak Makassar dengan Bandung tidak terlalu jauh, tetapi kata IAS, membutuhkan waktu yang cukup lama. Dan dirinya pun sudah meminta perpindahan ke Lapas Makassar sejak beberapa bulan yang lalu.

Mantan Walikota Makassar dua periode ini juga menuturkan, jika suasana Lapas Makassar tidak asing baginya, karena sudah banyak yang mengenalnya. "Jadi, tidak merasa canggung lagi,” katanya.

Dirinya pun akan mengajukan proses asimilasi kepada Kementerian Hukum dan HAM untuk dapat bersosialisasi sebelum menghirup udara bebas.

"Saya akan mengajukan asimilasi. Asimilasi itukan semua narapida bebas murni untuk bersosialiasi supaya ketika bebas. Mudah-mudahan bisa disetujui," tutupnya.