Selamatkan Penumpang KM Leuser yang Jatuh di Laut, 7 Prajurit Kostrad Terima Penghargaan

Pangkostrad Letjen TNI Besar Harto Karyawan (tengah) - (foto dok TNI)

CELEBESMEDIA.ID, Jakarta - Pangkostrad Letjen TNI Besar Harto Karyawan, memberikan penghargaan kepada tujuh Prajurit Divisi Infanteri 3 Kostrad, Senin (17/2/2020).

Dalam sambutannya Pangkostrad mengatakan, ketujuh prajurit Kostrad tersebut mengimplementasikan apa yang telah diterima selama latihan dan juga senantiasa mengasah dan mengaplikasikan 8 Kekuatan Cakra yang ada di dalam diri setiap prajurit Kostrad.

"Keberanian ketujuh prajurit Kostrad tersebut patut kita apresiasi. Dengan keyakinan mengambil keputusan dan tindakan yang terbaik, mereka secara spontan terpanggil untuk membantu sesama, ini patut diapresiasi dan dapat dijadikan contoh yang patut ditiru oleh para prajurit lainnya," jelas Pangkostrad, dirilis CELEBESMEDIA.ID dari laman resmi TNI.

Sebelumnya, tujuh prajurit Kostrad melakukan aksi heroik dengan terjun di tengah laut untuk menyelamatkan seorang pemuda bernama Dedi Bagus Setiawan (24) penumpang Kapal Motor (KM) Leuser yang terjatuh di laut, Minggu (9/2/2020).

Peristiwa tersebut berawal di KM Leuser tujuan Timika, Papua. Saat kapal sedang berlayar di perairan Banda Naira, Maluku, para penumpang histeris karena seorang penumpang terjatuh di laut.

Seorang prajurit Kostrad yang saat itu turut menumpang KM Leuser langsung melepas seragam dan langsung terjun ke laut. Tindakan sang prajurit lantas diikuti enam rekannya. Penumpang yang terjatuh itu pun berhasil diselamatkan. Ketujuh prajurit itu yakni Prada Wiliam, Prada Laode, Prada Lahasdin, Prada Musa, Prada Marman, Prada Wahyudi dan Prada Arjan, Seluruhnya berdinas di Brigif 20/3 Kostrad yang bermarkas di Timika, Papua.