Sikapi COVID-19, Perkuliahan Unibos Beralih ke Sistem Online

Surat edaran Universitas Bosowa - (handover)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Menindaklanjuti perkembangan penyebaran virus corona Covid-19 yang sudah memasuki Tahap Siaga Nasional, Universitas Bosowa (Unibos) turut menunda proses belajar mengajar di kampus yang terletak di Jl Urip Sumoharjo.

Keputusan ini dituangkan melalui surat edaran dengan nomor 342/02/Unibos/III/2020 yang ditandatangani Rektor Unibos, Prof Muhammad Saleh Pallu, Senin (16/3/2020). Hal ini dilakukan sebagai langkah pencegahan penyebaran virus Covid-19.

Dalam surat edaran tersebut terdapat 8 poin penting. Salah satu poin yang disampaikan oleh Prof Saleh Pallu adalah mahasiswa perkuliahan secara tatap muka di dalam kelas “diganti” dengan perkuliahan Salam jaringan (Daring) dengan memanfaatkan seluruh fasilitas IT e-learning Ims.unibos.ac.id yang dimiliki atau platform e-learning yang tersedia serta kegiatan kemahasiswaan lainnya, mulai 17 – 31 Maret 2020.

“Penerimaan tamu mitra dari luar negeri dan dalam negeri ditiadakan untuk sementara waktu dan tetap menjaga hubungan kerjasama yang baik,” bunyi surat tersebut.


Selain itu, poin penting lainnya adalah dianjurkan bagi semua dosen, tenaga kependidikan dan mahasiswa menunda perjalanan ke luar negeri dan di dalam negeri.

“Menunda atau membatalkan berbagai kegiatan yang melibatkan kerumunan atau banyak orang untuk mencegah penularan virus Covid-19,” tambahannya.

Selanjutnya Prof Saleh Pallu menyebut jika ini berlaku untuk program Sarjana S1, Magister S2, dan Doktor S3. Dalam surat ini juga menegaskan dan menyarankan agar civitas akademika Unibos tetap melakukan aktivitas dengan menjaga pola hidup sehat.

“Dosen Unibos juga sudah biasa memberikan proses pembelajaran secara daring karena kita memang sudah berlakukan e-learning. Jika keadaan sudah membaik, kita akan kembali melakukan perkuliahan seperti biasanya,” terangnya.

"Semoga kita semua tetap diberi kesehatan dan perlindungan, juga dijauhkan dari hal-hal yang mengganggu aktivitas kita,” tutupnya.