Ga'de-ga'de Pustaka, Literasi dan Pengembangan Ekonomi Masyarakat

CELEBESMEDIAI.ID, Makassar - Dinas Perpustakaan Kota Makassar menghadirkan ruang baca bagi masyarakat, khususnya anak-anak di Lorong Wisata (Longwis) Indianapolis, Kelurahan Baji Mappakasungguh, Kecamatan Mamajang, Makassar.

Ruang baca tersebut diberi nama Ga'de-ga'de Pustaka atau Mini Pustaka Mart (MPM).

"Ga'de-Ga'de Pustaka upaya untuk terus mendorong kegiatan berliterasi di tengah-tengah masyarakat khususnya di Longwis Indianapolis," kata Kepala Dinas Perpustakaan Kota Makassar Tenri A. Palallo kepada CELEBESMEDIA.ID, Senin (28/11/2022).

Andi Tenri menjelaskan, inovasi Ga'de-ga'de Pustaka ini tidak sebatas menghadirkan ruang baca bagi masyarakat. Namun juga hadir untuk pengembangan ekonomi.

"Jadi konsepnya bukan cuman perpustakaan saja tapi kita juga menggabungkan unsur UMKM di dalamnya," ujarnya.

Meski baru ada 1 di Longwis Indianapolis, ia berharap Ga'de-ga'de Pustaka ini mampu meningkatkan kembali minat baca masyarakat.

"Ga'de-ga'de Pustaka baru ada 1, cuman di sini, namun di semua lorong wisata itu kita upayakan ada pojok baca. Karena dengan membaca mereka dapat memahami banyak hal," jelasnya.

Adapun paya mendekatkan anak-anak ke perpustakan, Andi Tenri mengaku pengelola juga rutin menggar lomba menggambar. Sehingga ada daya tariknya.

"Harapan kita adanya Ga'de-ga'de Pustaka ini mampu mendekatkan buku kepada anak-anak," tuturnya.

Tak hanya anak-anak, ia juga berharap ada lansia juga yang berkunjung ke Ga'de-ga'de Pustaka.

"Perpustakan itu, kalau ibarat bahasa bugisnya itu Saora Mappakainge. Jadi kalau ada tidak kita ketahui kita bisa datang ke perpustakan sehingga bisa kita ketahui," tandasnya.

Dia menambahkan, saat inu koleksi buku yang ada di Ga'de-ga'de Pustaka sekitar 200 buku. "Saat ini ada sekitar 200 koleksi buku ditambah link buku digital," tukasnya.

Ga'de ga'de Pustaka atau Mini Pustaka Mart (MPM) dikemas dengan model gerobak yang didesain khusus dan di dalamnya menyediakan tiga bagian yakni Perpustakaan mini yang di bagian tengah, bagian kanan sebagai gerai penjualan pulsa dan bagian kiri sebagai mini warung jajanan masyarakat.

Nama Ga'de-ga'de sendiri berasal dari bahasa Makassar yang berarti warung kecil.

Laporan : Darsil Yahya