Musda Demokrat Sulsel, Nasib IAS Vs Ulla di Tangan AHY

undefined

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Musyawarah Daerah (Musda) DPD Partai Demokrat Sulawesi Selatan ke-4 berlangsung di Makassar, di Four Point Hotel Sheraton, Rabu (22/12/2021) siang. 

Dalam Musda kali ini, mantan Walikota Makassar dua periode, Ilham Arief Sirajuddin (IAS), dan Wakil Ketua DPRD Sulsel, Ni'matullah (Ulla) ditetapkan menjadi calon Ketua DPD Partai Demokrat Sulsel.

Ni'matullah meraih 9 suara, sementara Ilham Arief Sirajuddin (IAS) 16 suara.

Kini persaingan Ni'matullah melawan Ilham Arief Sirajuddin berada di tangan Agus Harimurti Yudhoyono. 

Dua nama calon tersebut selanjutnya dikirim ke Dewan Pengurus Pusat (DPP), dan akan dipilih oleh Tim 3 DPP yang beranggotakan Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY (Ketua Umum), Teuku Riefky Harsya (Sekjen), dan Herman Khaeron (BPOKK).

Ketua Badan Pembina Organisasi, Kaderisasi, dan Keanggotaan (BPOKK) DPP Partai Demokrat, Herman Khaeron menjelaskan calon ketua DPD akan melalui uji kelayakan dan kepatutan sebelum dipilih.

"Ini kan kita menjalankan amanah AD/ART Partai Demokrat tahun 2020 yang mekanismenya memang Musda hanya menghasilkan nama calon maksimal tiga orang, lalu dikirim ke DPP. Salah satunya (calon ketua) dipilih oleh Tim 3, yaitu Ketua Umum, Sekjen, dan Kepala BPOKK," kata Herman di sela-sela Musda Demokrat Sulsel.

Calon ketua yang dipilih dari Musda harus mendapatkan minimal 20 persen dukungan dari DPC. Selanjutnya calon ketua akan menjalani uji kelayakan dan kepatutan oleh Tim 3.

"Jadi kita tidak langsung memilih berdasarkan suara, karena inilah yang nanti kita dihadapkan pada hasil jumlah suara. Tapi justru yang diperlukan DPP adalah yang memiliki konsep, yang memiliki perencanaan yang baik dan matang, rasional bahwa tahun 2024 itu bisa menang," ucapnya.

Sementara itu, AHY dalam sambutannya secara virtual meminta mesin politik Partai Demokrat, khususnya di Sulawesi Selatan, tetap kompak dan menjaga keharmonisan.

"Dinamika politik di Sulsel luar biasa, untuk itu semua kader harus kompak dan menjaga harmonisasi," papar AHY.

AHY juga meminta kadernya di Sulsel tetap bekerja keras untuk Pemilu 2024.

"Dinamika politik makin kencang jelang pemilu 2024 karena itu kita harus berlari kencang," jelasnya.

Hadir secara virtual dalam kegiatan tersebut Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono dan Sekjen DPP Partai Demokrat, Teuku Riefky Harsa. 

Dalam Musda ini hadir pula Ketua Badan Pembina Organisasi, Kaderisasi, dan Keanggotaan (BPOKK) DPP Partai Demokrat Herman Khaeron, Anggota DPR RI Aliyah Mustika Ilham, Jajaran DPD Demokrat Sulsel , DPC Demokrat se-Sulsel, Bupati Pinrang, Wakil Bupati Luwu serta Kader Partai Demokrat.

(Zizi)