Ribuan Pendaki Padati Gunung Bawakaraeng, Basarnas Siaga Khusus

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Siaga SAR khusus merah putih menjadi agenda tahunan Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Makassar pada saat menyambut peringatan Hari Kemerdekaan 17 Agustus 2024 di Gunung Bawakaraeng, Gowa.

"Dengan kekuatan personel sebanyak 25 orang rescuer, 71 organisasi/instansi, dan 250 orang potensi SAR terlibat dalam kegiatan tahunan ini di Bawakaraeng," ujar Muhammad Arif Anwar, Kepala Kantor Basarnas Makassar, Jumat (16/8/2024).

Ada tujuh posko yang telah ditentukan untuk menjadi posko pemantauan. Posko Lembanna dengan jumlah 78 orang, Pos 5 (39 orang), Pos 7 (18), Pos 8 (31), Pos 10 (41), Pos Talung (23), Pos Sungai 3 (20).

"Dengan tujuh posko ini akan mempercepat informasi dan evakuasi ketika terjadi trouble pada pendaki yang hendak merayakan upacara 17 Agustus 2024 di Gunung Bawakaraeng," kata Arif.

Hingga Jumat, 16 Agustus 2024, pukul 17.30 Wita sudah terdaftar 1.928 pendaki yang diterima oleh tim dari posko, dengan rincian sebagai berikut, Jalur Lembanna 530 Pendaki  Jalur Tasoso 551 Pendaki, Jalur Bulu Ballea 215 Pendaki, Jalur Lengkese 606 pendaki, Jalur Ramma 26 pendaki.

"Hari ini, ada 3 orang yang dievakuasi turun oleh Tim SAR gabungan, yang pertama Cindy mengalami trouble di Pos 5 dan sudah di evakuasi ke Puskesmas Tinggi Moncong. Di Pos 12 juga ada dua orang yang sementara di evakuasi, keduanya perempuan, atas nama Niesya Ulul Asmi yang mengalami cedera pada tulang ekor akibat terjatuh dan Nurfadillah mengalami cedera pada siku kanan (sakit bawaan)," ucap Arif.

Arif menegaskan bahwa pendaki harusnya lebih memperhatikan tentang keselamatan diri serta mempersiapkan kebutuhan pribadisaat hendak ikut meramaikan prosesi 17 Agustus di Gunung Bawakaraeng.

"Mendaki itu harus banyak persiapan, baik fisik maupun mental, terutama untuk pendaki yang baru menginjak medan di Gunung Bawakaraeng, jangan asal mendaki," tukas Arif.

Sebagai tambahan informasi, hingga Jumat, sudah ada 8 orang yang mengalami masalah yang telah dan sementara dievakuasi oleh Tim SAR gabungan.

Sementara itu juga, para pendaki mulai berdatangan di gunung Bawakareng, hingga perkiraan jumlah pendaki ada sekitar 3000 orang.