Operasi SAR Pencarian Korban KM Yuiee Jaya II Ditutup, 18 Orang Hilang

Suasana pencarian korban KM Yuiee II pada hari terakhir operasi SAR, Kamis (21/3) - (ist)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Pencarian 18 kru KM Yuiee Jaya II dihentikan hari ini, Kamis (21/3) di Pelabuhan Benteng Kabupaten Selayar.

Operasi SAR KM Yuiee Jaya II ditutup setelah dilakukan pencarian selama 10 hari.

"Setelah melaksanakan pencarian terhadap korban kecelakaan kapal dengan nama kapal Yuiee Jaya II selama tujuh hari sesuai dengan SOP Basarnas dan telah dilakukan penambahan tiga hari, dan hari ini adalah hari kesepuluh, maka operasi sar kami nyatakan untuk dihentikan dan ditutup," kata Mexianus Bekabel, Kepala Kantor Basarnas Makassar.

Mexianus menambahkan bahwa pihak Basarnas telah menginformasikan kepada VTS Makassar, SROP Makassar, dan MATS Sultan Hasanuddin untuk menyebarkan informasi kepada kapal-kapal atau pesawat yang melintas Perairan Selayar dan sekitarnya jika mengetahui, melihat dan atau menemukan korban dapat menghubungi pihak Basarnas.

"Petang ini, atas kesepakatan bersama dengan pemerintah daerah Kabupaten Kepulauan Selayar beserta seluruh unsur yang terlibat, telah dilakukan penandatangan berita acara serah terima korban selamat kepada pemerintah setempat, yang kemudian dilanjutkan dengan penutupan operasi sar bersama dengan seluruh potensi SAR yang terlibat," kata Mexianus.

Hingga hari terakhir pencarian, tim SAR gabungan telah menemukan 12 korban selamat, 4 meninggal dunia dan 18 orang dinyatakan hilang.

Sebelumnya diberitakan KM Yuiee Jaya II dengan rute Jakarta - Lombok merupakan kapal penangkap ikan. Kapal yanv memiliki 35 ABK ini terdampak cuaca buruk hingga tenggelam di Perairan Selayar pada Sabtu (9/3/2024).

Tenggelamnya KM Yuiee baru diketahui pada Senin (11/3/2024) setelah dua ABK ditemukan terdampar oleh nelayan di Pulau Jampea di Kabupaten Kepulauan Selayar.