Peringati Tahun Baru Islam, Puluhan Ribu Warga Padati Anjungan Pantai Losari

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Puluhan ribu warga Nahdhatul Ulama (NU) kota Makassar padati Anjungan Losari dalam acara perayaan tahun baru islam 1445 Hijriah, Rabu malam (19/07/2023).

Mereka mengikuti kegiatan bertajuk 'Makassar Bermunajat' yang dimulai pukul 17.30 Wita. Mereka melaksanakan salat Magrib dan salat Isya secara berjamaah.

Ketua PCNU Makassar Dr Kaswad Sartono, mengaku.kegiatan itu dihadiri sekitar 20.000 lebih warga NU.

"Acara ini dihadiri oleh seluruh komponen Nahdhatul Ulama, rencana kita hanya menargetkan 3.000 jama'ah, tapi pada saat walikota sebar undangan, yang hadir malam ini sekitar 20.000 orang, terimakasih kepada bapak walikota dan seluruh jajarannya, " jelas Dr Kaswad Sartono.

Tujuan pelaksaan kegiatan ini momentum untuk seluruh umat untuk bermuhasabah diri

"Mari kita menjadikan tahun baru hijriah ini menjadi momentum muhasabah, dalam komitmen berislam yang Ahlussunah Waljama'ah, muhasabah didalam komitmen membangun negara dan kota Makassar yang damai dan aman, terutama menghadapi event politik tahun 2024," pungkasnya.

Hadir dalam kegiatan itu Walikota Makassar Moh Ramdhan Pomanto, Ketua PC-NU Makassar Dr Kaswad Sartono, Ketua Umum MUI Sulsel KH Nadjamuddin, Ketua MUI Kota Makassar KH Baharuddin, Ketua Tanfidziyah PWNU Sulsel KH Hamzah Harun Al Rasyid, Ketua DPRD Makassar Rudianto Lallo, Forkompinda Kota Makassar, beserta seluruh Ormas keagamaan dan kepemudaan.

Dalam sambutannya, Walikota Makassar Danny Pomanto mengungkapkan, perayaan tahun baru islam 1445 Hijriah ini, merupakan tanda bahwa Islam merupakan agama yang adaptif dalam perkembangan zaman

" Acara ini adalah bukti bahwa agama Islam adalah agama adaptif yg mampu menyesuaikan diri dengan keadaan dan perkembangan zaman, " jelas Danny.

"Mari kita hijrah ke kehidupan yang lebih baik, kehidupan masyarakat seluruh Indonesia khususnya kota Makassar, " tutupnya.

Laporan : Riski