Ini Kunci Sukses Longwis Leganes Kelola Perkebunan Mini

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kota Makassar, Muhammad Rheza memuji keberhasilan  Longwis Leganes dalam mengelola lahan sempit menjadi kebun mini yang produktif.

Keberhasilan itu, kata Rezha tak lepas dari keterlibatan langsung masyarakat. Kekompakan dan gotong royong menjadi kunci utamanya.

"Uniknya Lorong ini betul-betul lorong padat dan masyarakatnya aktif," ucap Rheza kepada CELEBESMEDIA.ID, Rabu (14/12/2022).

Selain itu, menurutnya sinergi antara masyarakat dan pemerintah setempat terbangun dengan sangat baik. 

Terbukti adanya pemdapingan berkala mulai dari pembibitan, penyemaian, proses panen hingga pengolahan menjadi sebuah produk yang siap dipasarkan.

"Ada pengerak dan tidak lepas dari peran RT, RW dan lurah, pemerintah setempat menjadi tulang punggung kegiatan ini," ungkapnya.

Tanpa sinergi yang baik antara pemerintah dan masyarakat, Rezha pesimis Longwis Leganes akan menjadi salah satu longwis unggulan di Makassar.

"Kalau pemerintah setempat tidak peduli kemudian masyarakat juga tidak mau berpartisipasi maka ini tidak akan berhasil. DUa elemen itu harus sinkron, masyarakat mau bergerak pemerintah harus support pasti program longwis ini sukses," tuturnya.

Dirinya pun berharap apa yang telah diraih Longwis Leganes bisa dipertahankan oleh warga. 

"Kami harap apa yang ada telah di pertahankan selamanya tidak hanya musiman kita berharap continue dan konsisten," pungkasnya.

Laporan : Darsil Yahya