Pelabuhan Taka Bonerate Berdiri Megah, Warga: Terima Kasih Bupati Basli Ali

CELEBESMEDIA.ID, Selayar - Setelah menyambangi Pulau Jampea, Kecamatan Pasimasunggu dan Pulau Bonerate, Kecamatan Pasimarannu, Bupati Kepulauan Selayar kembali menyempatkan waktu di Pulau Kayuadi, Kecamatan Takabonerate meninjau proyek Pembangunan Pelabuhan Penyeberangan dan Proyek PLTS, Senin (9/9).

Proses pembangunan Pelabuhan Penyeberangan Takabonerate yang terletak di Desa Nyiur Indah ini merupakan salah satu dari tiga pelabuhan yang dibangun di Kabupaten Kepulauan Selayar.

Kata Bupati Selayar, pembangunan ini tidak terlepas dari upaya kita semua, baik pemerintah daerah, provinsi maupun masyarakat yang selalu memberikan dukungan dan bersedia bekerja sama. 

Basli Ali pun mengungkapkan rasa syukurnya bahwa pemerintah pusat melalui kementerian perhubungan telah mengalokasikan anggaran yang cukup besar untuk pembangunan infrastruktur di Kabupaten Kepulauan Selayar. Salah satunya adalah proyek Pembangunan Pelabuhan Takabonerate.

Pelabuhan yang dibangun ini diharapkan memberi manfaat bagi masyarakat sekitar dan daerah, "Kita juga harapkan dan meminta  agar kedepan yang mengelola pelabuhan juga orang lokal daerah," ucap Bupati Selayar.

Pelabuhan Taka Bonerate ini sendiri merupakan satu dari tiga pelabuhan berstandar nasional yang pembangunannya diusulkan Bupati Basli Ali ke Kementrian Perhubungan, dua pelabuhan lagi adalah Pelabuhan Pasimarannu dan Pelabuhan Pasilambena di Desa Kalotoa.

Di tempat yang sama, Camat Taka Bonerate Andi Caco Amras mengucapkan terima kasih atas kunjungan bupati beserta rombongan. 

"Mewakili masyarakat Taka Bonerate saya mengucapkan terima kasih atas perhatian Bupati atas ditunjuknya Wilayah Taka Bonerate sebagai salah satu lokasi pembangunan Pelabuhan dan PlTS," ucapnya.

Andi Caco berharap dengan terbangunnya pelabuhan ini dapat memudahkan akses tranportasi dan yang utama  meningkatkan ekonomi masyarakat.

Senada dengan itu, salah satu warga Desa Batang, Kama,  mengucapkan terima kasih kepada bupati atas terbangunnya pelabuhan dan PLTS tersebut. Menurutnya pelabuhan dan PLTS ini merupakan impian yang sudah sangat lama dinantikan masyarakat.

"Kami sebagai masyarakat Kepulauan tentu sangat berterima kasih kepada bupati yang begitu banyak memberikan perhatian ke Wilayah Kepulauan, PLTS ini adalah hal yang sangat kami nantikan," ucapnya.

Oleh pihak kontraktor, Pembangunan Pelabuhan Taka Bonerate ini sudah pada tahap perampungan, dipastikan selesai pada akhir Desember 2024. Fasilitas Bagunan Pendukung Pelabuhan terlihat sudah berdiri megah.

Sementara progres Pembangunan PLTS Kayuadi, dari informasi pihak ketiga menyebut sedikit mengalami keterlabatan karena kendala teknis yang semula ditargetkan akan rampung Desember 2024.

"Namun demikian pekerjaan terus dipacu elektrikal pendukung lengkap dan sudah berada dilokasi, sisa menunggu pekerjaan konstruksi selesai dan dijadwalkan beroperasi pada Februari 2025," katanya.