Rekomendasi 3 Destinasi Wisata Keren di Sinjai

Hutan Mangrove Tongke-tongke Kabupaten Sinjai (foto by sinjaikab.go.id)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Selain terkenal dengan kuliner khasnya yang nikmat, Sulawesi Selatan juga menjadi surga bagi pelancong yang mencari destinasi wisata menarik. 

Tidak hanya Toraja dan Makassar, hampir tiap kabupaten di Sulawesi Selatan memiliki tempat wisata yang menarik. Salah satunya di Kabupaten Sinjai.

Ibu kota kabupaten Sinjai yakni Sinjai Utara, berjarak sekitar 223 km dari pusat Kota Makassar. Terdapat sekitar 260 ribu penduduk yang bermukim di kabuoaten ini, dengan luas wilayah sekitar 819,96 kilometer persegi.

Berikut 3 destinasi wisata teratas di Kabupaten Sinjai yang bisa masuk dalam list vacation Anda:

1. Pulau Larea-rea


(Pulau Larea-rea - foto by sinjaikab.go.id)

Pulau Larea-rea merupakan salah satu tempat favorit diantara gugusan pulau sembilan. Pulau ini terletak di Kecamatan Pulau Sembilan, Kabupaten Sinjai.

Untuk sampai ke pulau tersebut, Anda harus menempuh perjalanan laut sekitar satu jam dengan menggunakan perahu atau dengan menggunakan speed boat untuk waktu tempuh yang lebih singkat.

Pengunjung dapat menikmati indahnya hamparan pasir putih dan air laut yang jernih. Deru ombak yang menabrak batu karang kian menambah estetika pulau tersebut. 

Di pulau tak berpenghuni itu, pengunjung diperbolehkan berenang, diving, memancing atau hanya sekedar berswafoto. Spot foto yang paling diminati adalah batu granit besar dan anjungan yang bertuliskan "Larea-rea Island".

Selain itu, airnya yang jernih membuat Anda dengan mudah dapat melihat secara langsung makhluk hidup laut seperti rumput laut, ikan, ubur-ubur, landak laut atau bahkan bintang laut.

Bagi pengunjung yang ingin menginap, di sana terdapat resort dengan fasilitas yang cukup lengkap. Dari resort, pengunjung bisa menikmati indahnya sunset dan sunrise serta pemandangan lereng gunung Bawakaraeng.

Di sana juga terdapat gazebo dan tempat duduk bagi Anda yang lebih senang bersantai di tempat teduh sembari menikmati suasana di Pulau Larea-rea.  

2. Hutan Mangrove Tongke-tongke 


(Hutan Mangrove Tongke-tongke - foto by sinjaikab.go.id)

Destinasi wisata selanjutnya adalah Hutan Mangrove. Hutan Mangrove ini terletak di Desa Tongke-tongke, Kecamatan Sinjai Timur, Kabupaten Sinjai. 

Kawasan wisata ini berjarak sekitar 7 kilometer dari pusat kota Sinjai. Hutan bakau ini biasanya akan lebih ramai saat akhir pekan. Anda bisa mengajak keluarga, teman, ataupun seorang diri.

Saat masuk di pintu utama, Anda akan disambut dengan kalimat-kalimat positif yang dituliskan di papan estetik di sepanjang jembatan kayu. Jembatan tersebut juga bisa menjadi salah satu spot foto yang menarik dan Instagramable bagi pengunjung.

Terdapat fasilitas seperti cottage, cafetaria, menara pengawas, dermaga wisata perahu, dermaga utama, area pemancingan, dan  area pembibitan serta jembatan kayu panjang sebagai akses bagi para pengunjung untuk mengeksplor Hutan Mangrove. 

Untuk melihat keseluruhan salah satu Hutan Mangrove terbesar di Indonesia ini, Anda bisa menyewa perahu yang bisa mengantar Anda menelusuri sekeliling Hutan.

Selain itu, terdapat juga pedagang jajanan ringan dan aksesoris hasil laut yang bisa pengunjung beli sebagai buah tangan.

3. Kampung Galung


(Kampung Galung - foto by suarajelata.com)

Bagi Anda yang menyukai suasana pedesaan yang tenang, destinasi wisata Kampung Galung dapat menjadi pilihan.

Kampung Galung terletak di Desa Barania, Kecamatan Sinjai Barat, Kabupaten Sinjai, berjarak sekitar 40 kilometer dari pusat kota Sinjai. 

"Galung" sendiri merupakan bahasa Bugis yang berarti "sawah". Tak heran jika di kawasan wisata ini Anda akan melihat hamparan sawah yang sangat luas.

Di sepanjang jalan menuju Kampung Galung, Anda akan dimanjakan dengan pemandangan hijau yang menyegarkan mata. 

Saat memasuki kawasan wisata tersebut, pengunjung akan langsung mendengar suara gemericik air yang menenangkan serta udara segar yang menyejukkan paru-paru. Sesekali Anda juga akan disambut dengan kabut dan udara dingin jika sedang turun hujan. 

Suasana alami khas pedesaan dari wisata sawah eksotis ini sangat cocok bagi Anda untuk melepas penat atau hanya sekedar bersantai menikmati alam seorang diri ataupun bersama keluarga. 

Pengunjung juga boleh melihat secara langsung proses penanaman padi ataupun saat panen. Namun tidak hanya sawah, mata Anda juga akan dimanjakan dengan pemandangan pegunungan disegala arah yang bisa Anda gunakan sebagai latar untuk berswafoto.

Fasilitas yang disediakan berupa gazebo, kolam renang, warung kuliner dan camping ground.

Laporan: Aulia (IAIM Sinjai)