Koordinat Domisili Tak Sesuai, Disdik Minta Orang Tua Datangi Sekolah

Dr. Syarifuddin, S.Pd.M.Pd, Kepala Seksi Pembelajaran Pendidikan Dasar Disdik Makassar - (ist)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Makassar menanggapi keluhan orang tua calon siswa terkait titik koordinat domisili yang tidak sesuai dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) jalur zonasi tidak valid.

Kepala Seksi Pembelajaran Pendidikan Dasar Disdik Makassar, Dr. Syarifuddin membenarkan adanya kelalaian operator dalam menginput data. Ada kelalaian manusia terkait penentuan titik koordinat PPDB jalur zonasi. Namun ia menegaskan jika kelalaian itu hanya sekitar 10 persen dari data yang telah ditamankan dalam aplikasi PPDB online.

"Memang benar ada keselahan penentuan koordinat domisili, namun erornya itu sangat kecil," jelasnya.

Ia juga membenarkan jika data yang telah ditanam sudah tidak dapat digeser oleh orang tua atau wali siswa yang mendaftarkan anaknya sebab operator menanam datanya lewat Data Pokok Pendidikan (Dapodik) yang terhubung langsung dengan Pusat Data Telekomunikasi dan Informatika (Pusdatin) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI di Jakarta.

Syarifuddin pun menjelaskan jika ada orang tua atau wali menemukan permasalahan titik koordinat yang tidak valid maka dapat melaporkan langsung ke operator sekolah yang dituju untuk dilakukan perubahan data.

"Data inikan sudah duluan ditanam jadi jika ada orang tua atau wali yang mau merubah maka memang sudah tidak dapat dilakukan tetapi pada saat terjadi verifikasi data maka pihak operator sekolah bisa merubahnya," ucapnya.