Andi Sudirman: Saya Tak Perlu Izin DPRD Sulsel Untuk ke Singapura

Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman -(ist)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman membantah jika kepergiannya ke Singapura tidak diketahui oleh pejabat teras Pemerintah Provinsi Sulsel.

"Adpim tahu, kan begini (surat) perizinan itu kan tidak mungkin dong diumumkan (ke publik) kan izinnya melalui persuratan (Kemendagri)," kata Andi Sudirman kepada CELEBESMEDIA.ID di Rujab Gubernur Sulsel di Jalan Sungai Tangka, Kamis (21/4/2022).

Ia juga menyatakan untuk pergi ke luar negeri tak harus izin kepada DPRD Sulsel. Cukup Kemendagri.

"Saya tidak perlu pamit sama DPRD Sulsel saya pamit atau izinnya sama Mendagri," ucapnya

Andi Sudirman juga enggan membeberkan alasan tidak menunjuk Pelaksana Harian (Plh) selama dirinya berada di Singapura.

"Masih itu lagi dibahas? Saya sudah balikkan," tandasnya.

Sementara itu, Ketua Komisi A DPRD Provinsi Sulsel, Selle KS Dalle mengatakan secara etika pemerintahan seorang kepala daerah yang izin karena ada halangan atau sakit untuk melaksanakan tugasnya sehari-hari seharusnya juga memberi tahu kepada pimpinan DPRD Provinsi Sulsel. 

"Karena dalam undang-undang yang menjadi penyelenggara pemerintahan daerah yaitu kepala daerah (Gubernur) bersama DPRD. Tidak ada salahnya kan pak Gubernur sebelum berangkat dia say hello (pamit) dengan ibu Ketua DPRD Sulsel atau pimpinan DPRD," ujarnya.

Sebelumnya diberitakan keberadaan Andi Sudirman Sulaiman yang tanpa kabar beberapa waktu lalu menjadi perbincangan di masyarakat. 

Namun belakangan, Andi Sudirman tiba-tiba muncul di akun Instagramnya dan menyampaikan kepada masyarakat bahwa ia sedang berada di Singapura untuk berobat dan mengaku telah mendapatkan izin dari Kemendagri.

Padahal sebelumnya, sejumlah pejabat teras Pemprov Sulsel seperti Kabid Humas Pemprov Sulsel Sultan Rakib, Kepala Diskominfo Sulsel, Amson Padol dan Kabiro Adpim Andi Winarno saat dikonfirmasi CELEBESMEDIA.ID enggan membeberkan dan seakan-akan saling lempar tanggung jawab terkait kondisi atau keberadaan Andi Sudirman. 

(Laporan Darsil Yahya)