Museum Kota Makassar - (foto by Ria)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Jalan-jalan di kota Makassar, tak lengkap rasanya tanpa mengunjungi Museum kota yang terletak di Jalan Balaikota No. 11, sekitar 500 meter dari titik pusat Kota Makassar.

Gedung tua berlantai dua dengan sentuhan arsitektur bergaya Eropa abad ke-17 ini memiliki dinding yang tebal, jendela-jendela kayu yang lebar dan beberapa ornamen gantung yang masih utuh terjaga, membuat bangunan ini terlihat berdiri kokoh dan berwibawa. Dibangun sekitar tahun 1916, kini gedung bersejarah ini menyimpan beragam koleksi benda bersejarah yang berjumlah 560.

Memasuki pekarangan Museum Kota Makassar, pengunjung akan disambut oleh sebuah meriam yang diperkirakan berusia 300 tahun. Bangunan ini didominasi warna putih pada dinding dan merah marun pada bagian atap.

Ketika mulai melangkahkan kaki ke dalam museum, suasana kolonial Belanda yang kental akan menemani perjalanan selama di dalam museum. Perjalanan Kota Makassar dari zaman ke zaman, terekam dalam gedung ini.

Di lantai pertama terisi dengan berbagai lukisan klasik peninggalan Belanda, foto-foto dokumentasi perkembangan Kota Makassar, benda-benda arkeologi, dan berbagai mata uang yang pernah berlaku di Makassar dari zaman penjajahan hingga saat ini.

Lantai dua museum didominasi foto-foto dokumentasi, sebuah meja yang pernah digunakan oleh Walikota Ujung Pandang, lambang-lambang kabupaten yang ada di Sulawesi Selatan dan berbagai pernak pernik tradisional hasil kerajinan rakyat.

Meskipun beberapa barang-barang peninggalan sejarah tersebut dipenuhi debu dan hanya dijadikan pajangan semata, namun sejarah panjang yang menyertainya mencatat kegigihan, keberanian dan kecerdasan para pendahulu, mereka yang meletakkan 'pondasi' pertama Kota Makassar. Melalui museum inilah siapa saja bisa menelisik dan mengikuti sejarah perjalanan Makassar hingga menjadi Kota Dunia seperti saat ini.

Tags : MUSEUM KOTA